Dua Kelompok Tani di Blukbuk Dapat Bantuan Kambing

KRONJO – Dua kelompok tani Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang mendapat 12 ekor kambing sebagai bantuan Pemdes untuk meningkatkan perekonomian dan pemberdayaan masyarakat.

Penjabat (Pj) Kepala Desa Blukbuk Sabrori Hariri mengatakan, tahun ini pihaknya memberikan bantuan hewan ternak kambing yang memanfaatkan APBDesa bidang pemberdayaan mayarakat. “Alhamdulillah, tahun ini kami bisa menyalurkan bantuan berupa kambing ternak kepada dua kelompok tani. Masing-masing kelompok tani diberikan enam kambing,” katanya bercerita saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (7/11).

Sabrori menjelaskan, kambing yang diberikan kepada kelompok tani di antaranya dua ekor kambing jantan dan sepuluh ekor kambing betina. Masing-masing kelompok mendapat satu kambing jantan dan lima kambing betina. Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat kambing berkembangbiak.

“Kalau peternakannya berjalan dan jumlahnya bertambah karena berkembangbiak, bisa dijual, sehingga  menambah penghasilan para petani. Jadi, selain punya penghasilan dari hasil bertani, juga punya pendapatan dari beternak,” jelas Sabrori.

Ditambahkan, ternak kambing dipilih sebagai program pemberdayaan masyarakat lantaran pemeliharaannya yang mudah dan tidak menyita banyak waktu. Bahkan saat ke sawah, mereka bisa sekalian menggembala dan memotong rumput untuk stok makanan kambing saat di rumah. “Sementara ini baru dua kelompok, ke depan rencanannya akan ditambah lagi. Bantuan dilakukan secara bertahap,” ungkapnya.

Salah seorang ketua kelompok petani yang mengelola ternak kambing Supiadi mengaku, sangat berterimakasih kepada Pemerintah Desa Blukbuk. Ia berjanji, akan berupaya memanfaatkan bantuan hewan ternak untuk dikembangbiakkan.(pem/rb/adm)