SERANG – Si jago merah membuat heboh kawasan Kompleks Masjid Banten Lama, Kota Serang, Jumat (6/2/2015) dini hari. Dua mobil milik peziarah yakni Avanza plat nomor B 1214 GFN dan Baleno plat nomor B 1891 CEO ludes dilahap api.

Dugaan sementara, api berasal dari korsleting instalasi kabel pada mesin mobil Baleno. Percikan api dari kabel kemudian mengenai tangki bensin dan nyala api pun tak terhindarkan.

Informasi yang berhasil dihimpun, peristiwa kebakaran terjadi di tempat parkir yang letaknya persis di depan rumah Ketua Kenadziran Masjid Banten Lama, Tb Ismetullah Abbas. Peristiwa ini terjadi sekira ukul 01.15 WIB. Api bisa dipadamkan oleh warga sekitar satu jam setelah kejadian. Tiga unit mobil pemadam kebakaran damkar yang datang terlambat datang ke lokasi lantaran api sudah bisa dipadamkan warga.

Menurut pemilik Avanza, Heri, warga Pasar Kemis, Tangerang, kendaraan yang ditumpangi bersama enam temannya itu ludes terbakar berikut seluruh isinya. Sementara, mobil Baleno, meski terbakar tidak seluruhnya. Hanya bagian mesin saja.

“Saya kaget, begitu baru masuk tempat parkir dikejar api yang besar dan membakar mobil saya. Kami langsung lari keluar dari mobil. Alhamdulillah kami semua selamat,” kata Heri.

Heri juga mengaku aneh, bahwa ada api mengejar mobilnya yang baru datang.” pokoknya apinya besar dan ngejar mobil saya dari mobil Baleno,” terangnya.

Senada diungkapkan oleh Subur, saksi mata. Dikatakan, api berasal dari bensin yang berceceran dari mobil Baleno. “Gede apinya Pak, jalan dari mobil Baleno dan membakar mobil Avanza,” terang Subur.

Belum diketahui pemilik mobil Baleno yang diduga penyebab terjadinya kebakaran.

Sementara itu, Ketua Kenadziran Masjid Banten Lama Tb Ismetullah Abbas, mengatakan, mobil yang terbakar adalah milik tamu yang hendak ziarah. “Iya mobil tamu yang mau ziarah,” singkatnya. (Wahyudin)