Dua Pasien Corona di Kabupaten Serang Sembuh

0
7.760 views
Posko kesehatan Dinkes Kabupaten Serang di Kecamatan Cinangka, Senin (25/5).

SERANG – Dua pasien virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Serang dinyatakan sembuh. Keduanya sempat dirawat di Rumah Sakit Siloam Tangerang. Dengan demikian, total pasien positif Covid-19 yang sembuh sebanyak tiga orang dari delapan pasien.

Demikian diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang, drg Agus Sukmayadi melalui sambungan telepon seluler, kemarin. Kata Agus, pihaknya menerima informasi adanya pasien positif Covid-19 di wilayahnya yang dinyatakan sembuh. “Ya, ada dua pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 asal Anyar dinyatakan sembuh setelah diuji Swab oleh pihak RS Siloam Kelapa Dua Tangerang, keduanya rujukan dari RSKM Cilegon,” ungkapnya.

Agus mengatakan, informasi tersebut diperolehnya pada 23 Mei 2020. Namun, Agus mengaku, pihaknya belum mendapat informasi kedua pasien apakah masih dirawat atau sudah dipulangkan. “Dinkes belum memperoleh informasi lanjutan, sedang dilakukan koordinasi tentang kedua pasien tersebut,” terangnya.

Disinggung soal penyakit penyerta kedua pasien, Agus mengaku, pihaknya tidak mempunyai kewenangan untuk menyampaikan informasi tersebut. “Dinkes dan Puskesmas tidak diberi kewenangan, kecuali pihak RS dan pasien berkenan memberikan informasi tersebut,” tegasnya.

Sementara itu, Perawat Puskesmas Anyar, Rafiudin mengatakan, pihaknya sudah melakukan rapid test kepada seluruh orang terdekat kedua pasien itu, baik keluarga maupun rekan kerjanya. “Hasilnya, alhamdulillah tidak ada yang reaktif,” tegasnya di Posko Kesehatan di Kecamatan Cinangka.

Katanya, selama Hari Raya Idul Fitri, pihaknya membuka posko kesehatan di Kecamatan Cinangka. Posko berfungsi untuk menangani kegawatdaruratan Covid-19. “Kalau ada orang yang mempunyai gejala ke arah Covid-19, langsung kita bawa ke Puskesmas untuk rapid test,” jelasnya.

Setiap harinya, lanjut Rafiudin, petugas kesehatan dibagi dua shift untuk berjaga di Pokso Kesehatan. Setiap shift jaga, melibatkan satu dokter dan dua perawat. “Ini gabungan dari Puskesmas Anyar, Cinangka, dan Padarincang,” pungkasnya. (jek/zai)