Dua Pos Ronda Akan Dibangun di Muncul Jaya

SERANG – Tidak ingin kalah dengan lingkungan lainnya di wilayah kelurahan Cipocok Jaya, Lingkungan Muncul Jaya, RW 014 RT 01 juga telah mempersiapkan diri untuk berpartisipasi di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Ketua RW 014 Lingkungan Muncul Jaya, Wahid mengungkapkan, sosialisasi mengenai lomba sudah dilakukan ke warga. Respons warga juga cukup baik mengenai lomba tersebut. “Tapi warga masih menunggu bahan baku tersedia, baru mereka gerak,”‘ ungkap Wahid.

Di RT 01 Muncul Jaya, kegiatan gotong royong dan membersihkan lingkungan sudah dimulai. Tapi untuk pengecatan, pembangunan gapura, pembangunan pos ronda dan lainnya masih belum dilakukan karena menunggu dana terkumpul.

Dijelaskan Wahid, untuk penataan halaman rumah warga sudah dilakukan oleh masing masing warga. “Penanaman bunga dan penghijauan di masing masing halaman sih udah mulai,” katanya.

Diakui Wahid, Lingkungan Muncul Jaya hingga kini masih belum memiliki pos ronda, sehingga kegiatan jaga malam biasanya dipusatkan di rumah ketua RW yang lokasinya  berada tepat di pinggir jalan. Namun untuk meningkatkan keamanan lingkungan, dua pos ronda akan dibangun oleh warga. “Rencana lokasi pos ronda ada di setiap ujung kampung,” ungkapnya.

Di lomba ini, semua elemen masyarakat di Lingkungan Muncul Jaya akan dilibatkan untuk menata lingkungan, di antaranya kader posyandu yang nantinya akan ditugaskan untuk terus memberikan motivasi ke warga agar menjaga kebersihan lingkungan.

Pemuda pun tidak ketinggalan. Mereka akan dilibatkan untuk menghias lingkungan. Menurut Ketua Pemuda Muncul Jaya, Masri, pemuda akan digerakkan untuk membantu menata lingkungan yang diikutkan lomba.

“Pemuda lingkungan kompak untuk membantu di lomba ini, kreativitas mereka diharapkan bisa membantu untuk menang di lomba kali ini,” ujar Masri. (rio)