Dua Taman, Persiapan Terakhir RW 002 Sijengkol

0
334 views

BAROS – Persiapan RW 002, Kampung Sijengkol, Desa Cisalam, Kecamatan Baros, menghadapi Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 hampir rampung. Warga tengah mengerjakan pembangunan taman bermain anak dan taman baca.

Kesiapan RW 002 mengikuti LKBA dapat dilihat ketika memasuki kampung ini. Di RT 004 RW 002, gapura, jalan kampung, hingga pagar di pinggir jalan sudah selesai dicat dengan warna-warna cerah.

Pengelolaan sampah rumah tangga di kampung ini tidak lagi tradisional. Warga telah menyiapkan tempat sampah untuk organik dan anorganik.

“Kalau diperkirakan, persiapan di Kampung Sijengkol sudah mencapai 90 persen. Sekarang warga sedang fokus membuat taman bermain dan taman baca. Mainan yang sudah ada baru cincin putar, yang lainnya masih dibuat. Taman baca juga masih menunggu materialnya datang,” jelas Ketua RT 004 Erianto.

Penataan lingkungan kampung ini, menurutnya, dilakukan warga secara gotong royong, siang-malam. Hasilnya sudah dirasakan warga. Kampung ini menjadi rapi, bersih, dan berwarna.

“Sekarang terlihat beda, jadi lebih bagus. Semua berkat kekompakan warga,” tambah Erianto mengakui.

Sementara, Kepala Desa Cisalam M Amin sangat mengapresiasi kerja keras warga mempersiapkan kampungnya mengikuti LKBA. Di desa ini ada empat RW yang mengikuti lomba. Namun, baru tiga RW yang sudah melakukan persiapan.

“Saya mendorong yang sudah bergerak saja dulu. Selain itu juga saya sangat mengapresiasi yang sudah serius menata. Mereka mau berswadaya untuk menata kampungnya,” ujar Amin yang baru dilantik sebagai Kades Cisalam pada Desember 2019. (rio/don)