Dua Warga Sukabumi Tenggelam di Pantai Citarate

LAKUKAN PENCARIAN: Tim dari BPBD Sukabumi dan BPBD Lebak dibantu masyarakat bersiap melakukan pencarian korban tenggelam di Pantai Citarate, Desa Cirendeu, Kecamatan Cilograng, kemarin. FOTO: DOK KADES CIRENDEU, KECAMATAN CILOGRANG

CILOGRANG – Dua warga Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, tenggelam di Pantai Citarate, Desa Cirendeu, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak, saat memancing pada Minggu (23/4) sekira pukul 23.00 WIB. Hingga kemarin siang, dua orang korban tenggelam itu belum ditemukan dan masih dalam proses pencarian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukabumi dan BPBD Kabupaten Lebak.

Informasi yang dihimpun Radar Banten, dua korban tenggelam itu adalah Dirman (41) warga Kampung Pasirkoet, Desa Wangunsari, dan Emad (48) warga Kampung Bangbayang, Desa Cikelat, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Keduanya, memancing di Karang Payung, Pantai Citarate, Desa Cirendeu, Kecamatan Cilograng. Lokasi tersebut merupakan tempat favorit masyarakat di Cisolok dan Cilograng untuk memancing setiap malam.

Malam itu, dua warga tersebut memancing bersama puluhan warga lainnya. Tiba-tiba, datang ombak besar menghantam dan menghanyutkan kedua orang tersebut.

Kepala Desa Cirendeu, Kecamatan Cilograng, Herdiana mengatakan, sejak Minggu hingga sekarang, pihak kepolisian, relawan, anggota TNI, nelayan, dan masyarakat melakukan pencarian terhadap korban tenggelam. Namun, kedua korban belum berhasil ditemukan. Padahal, tim SAR sudah melakukan penyisiran di sepanjang Pantai Citarate dan Cibareno di perbatasan Lebak dan Kabupaten Sukabumi.

“BPBD Sukabumi dan Lebak ikut turun melakukan pencarian terhadap kedua warga Sukabumi yang tenggelam di Citarate,” kata Herdiana kepada Radar Banten, kemarin.

Menurutnya, upaya pencarian tidak akan dihentikan sampai korban tenggelam ditemukan. Karenanya, masyarakat dan para relawan ikut stand by di pesisir pantai. Dengan harapan, kedua korban cepat ditemukan dan dibawa keluarganya ke Cisolok, Sukabumi.

“Saya dan staf desa ikut melakukan pencarian di pinggir pantai,” jelasnya.

Mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati ketika memancing ikan di pesisir Pantai Citarate. Dia tidak ingin jatuh korban lagi di wilayahnya. “Pantai Citarate dan Cibareno sering didatangi pemancing dari Sukabumi dan daerah lain di Lebak. Lokasinya strategis dan hasilnya memuaskan,” terangnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi membenarkan dua warga Sukabumi tenggelam di wilayah perbatasan Lebak dan Sukabumi. Lokasi tenggelam di Pantai Citarate, Desa Cirendeu, Kecamatan Cilograng. Untuk itu, BPBD Lebak ikut turun ke lapangan untuk membantu proses pencarian dua korban tenggelam yang terseret ombak pada Minggu lalu. “Saya akan ke lokasi karena sampai sekarang dua warga yang tenggelam belum berhasil ditemukan,” katanya. (Mastur/Radar Banten)