Dubes Arab Saudi Bahas Peluang Kerja Sama Investasi Bersama DPRD Banten

SERANG – Jelang pelantikan pimpinan Dewan baru, DPRD Banten kedatangan tamu istimewa. Kemarin, Duta Besar (Dubes) Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Syeikh Ishom Abid Atsaqofi, berkunjung ke gedung DPRD Banten.

Kunjungan Dubes Arab Saudi langsung disambut Ketua Sementara DPRD Banten Andra Soni, didampingi anggota Fraksi Gerindra Anda Suhanda, dan Sekretaris DPRD Banten Deni Hermawan.

Pantauan Radar Banten, Dubes Arab Saudi dan rombongan tiba di DPRD Banten sekira pukul 13.20 WIB. Selanjutnya, pertemuan Dubes Arab Saudi tersebut dilakukan di ruangan sekretaris DPRD Banten secara tertutup.

Usai pertemuan, Anda Suhanda mengatakan, kunjungan Dubes Arab Saudi ke DPRD Banten merupakan kunjungan informal dalam rangka melakukan silaturahmi dengan pimpinan Wakil Rakyat di Provinsi Banten.

“Pak Dubes sebelumnya mengisi kuliah umum di Kampus UIN SMH Banten. Beliau kemudian ingin bersilaturahmi dengan gubernur dan wakil gubernur. Namun karena kunjungannya tidak resmi, Beliau akhirnya bersilaturahmi ke DPRD Banten,” kata Anda yang fasih berbahasa arab kepada Radar Banten, Rabu (11/9).

Anggota DPRD Banten dari daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Pandeglang itu menambahkan, secara khusus Dubes Arab Saudi ingin mengetahui lebih detail tentang Provinsi Banten, termasuk potensi yang dapat dikembangkan berkaitan dengan investasi dan perdagangan antara Arab Saudi dan Indonesia di Banten.

“Pak Dubes siap melakukan kajian terhadap kemungkinan kerja sama tersebut dan mendorong investor Saudi Arabia untuk melirik potensi di Provinsi Banten, terutama di bidang pendidikan, pariwisata syariah, dan perindustrian,” bebernya.

Ketua Sementara DPRD Banten Andra Soni mengaku, kaget dengan kunjungan Dubes Arab Saudi tersebut. Kendati begitu, ia menyambut positif atas pertemuan dengan Dubes Arab Saudi. “Tadi kami bincang-bincang sekira 15 menit. Pak Dubes mengaku tertarik dengan Provinsi Banten dan akan mengupayakan investasi Arab Saudi ke Banten,” paparnya. (den/aas/air/ira)