Dubes Malaysia Jamin Keselamatan Siti Aisyah

0
471 views
Ibu dari Siti Aisyah, Benah menujukkan foto Siti Aisyah di rumahnya, Kp. Ranca Sumur, Pabuaran, Serang, Jumat (17/2). (IMAM HUSEIN/JAWA POS)

JAKARTA – Pemerintah Indonesia terus mendesak Malaysia untuk bisa bertemu dan melakukan pendampingan terhadap Siti Aisyah. Namun, sampai detik ini hal itu belum bisa diwujudkan.

Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Zahrain Mohamed Hashim menegaskan, itu bagian dari proses penyelidikan. Dalam jumpa pers yang dilakukan di kantor Kedubes Malaysia di Jakarta, Zahrain mengungkapkan, Pemerintah Indonesia tak perlu khawatir atas kondisi Siti Aisyah. Dia menjamin keselamatan dan hak-hak perempuan asal Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, yang diduga terlibat dalam kasus pembunuhan Kim Jong-nam itu terpenuhi.

“Saya percaya keselamatan Siti Aisyah akan terjaga sebagai tahanan Malaysia,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, pihaknya memang telah menerima permohonan yang dilayangkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk bertemu Aisyah. Namun, selama proses penyelidikan berlangsung hal itu masih belum bisa dipenuhi.

“Anda harus mengerti bahwa masih dalam penyelidikan polisi. Penyelidikan ini harus bebas intervensi. Karenanya, belum diberikan akses,” ujarnya. Aturan ini tidak hanya berlaku untuk kasus ini saja, tetapi seluruh kasus serupa di Malaysia.

Zahrain menuturkan, Kepolisian Diraja Malaysia akan menuntaskan kasus sebaik-baiknya. Proses investigasi dilakukan maksimal 21 hari. Hingga saat ini, Aisyah terhitung sudah 14 hari menjalani proses investigasi oleh Kepolisian Diraja Malaysia. “Setelah itu akan diputuskan dia dibebaskan atau diadili,” ungkapnya.

Bila memang tidak terbukti, akan dibebaskan. Sebaliknya bila terbukti, akan dilanjutkan oleh Kejaksaan. “Sama seperti di Indonesia,” katanya. (JPG/Radar Banten)