Duet Iye-Awab Direstui PAN

Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hassan (tiga kanan) didampingi Wakil Ketua DPP PAN Yandri Susanto (tiga kiri) memberikan surat rekomendasi tentang pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon kepada Iye dan Awab pada Rabu (8/7) malam.

CILEGON – Polemik tentang siapa yang akan mendampingi Bakal Calon Walikota Cilegon Iye Iman Rohiman akhirnya berakhir dengan dikeluarkannya keputusan oleh DPP Partai Amanat Nasional (PAN) yang menunjuk Awab sebagai bakal calon Wakil Walikota Cilegon.

Surat Rekomendasi DPP PAN tentang pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon Iye-Awab diserahkan langsung oleh Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hassan kepada Iye dan Awab pada Rabu (8/7) malam.

Proses penyerahan disaksikan langsung oleh Wakil Ketua Umum DPP PAN Yandri Susanto, Ketua PAN Kota Cilegon Alawi Mahmud, dan Sekretaris PAN Kota Cilegon Hasbudin.

Dikonfirmasi Radar Banten, Ketua PAN Kota Cilegon Alawi Mahmud membenarkan hal tersebut. Menurutnya, DPP PAN telah mengeluarkan keputusan final tentang siapa yang akan menjadi pendamping Iye di Pilkada Kota Cilegon nanti.

“Proses panjang ini, hari ini, malam ini (kemarin-red), teka-teki itu terjawab sudah, bahwa pak ketum langsung menyerahkan SK itu kepada pak Iye dan pak Awab,” papar Alawi saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon seluler, Rabu (8/7).

Dengan dikeluarkannya keputusan itu, Alawi mengaku akan segera melakukan konsolidasi dengan partai koalisi yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Demokrat, serta mempersiapkan deklarasi.

Disinggung terkait Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Alawi mengaku mengapresiasi proses panjang politik yang dilakukan oleh partai tersebut dengan menyodorkan nama Reno Yanuar sebagai sosok bakal calon Wakil Walikota Cilegon.

Namun, karena keputusan akhir berada di tangan DPP, ia berharap PDIP tetap melanjutkan niat berjalan bersama PAN di Pilkada Kota Cilegon nanti.

“Saya sadari keputusan politik sampai kapan pun tidak bisa memenuhi semua pihak, itu sebuah keniscayaan. Saya harap PDIP bergabung terus dalam koalisi, itu pun kalau berkenan. Saya mohon maaf kepada semua pihak jika keputusan ini tidak memenuhi harapan pihak tertentu,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hassan berharap pasangan Iye-Awab menjadi solusi bagi warga Cilegon. “Pasangan ini ideal untuk Kota Cilegon. Kami berharap pasangan ini menjadi solusi bagi Cilegon,” kata Zulkifli seusai menyerahkan surat rekomendasi.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum DPP PAN Yandri Susanto berharap Iye dan Awab langsung melakukan konsolidasi untuk pemenangan. “Setelah melalui proses panjang dan perenungan mendalam, akhirnya kami merekomendasika pasangan ini. Pak Iye dan Awab adalah pasangan terbaik, mereka harus dapat mewujudkan mimpi warga Cilegon agar lebih baik lagi,” katanya.

Yandri menambahkan, Iye dan Awab harus dapat melayani rakyat. Sebab pencalonan ini bukan untuk gagah-gagahan namun karena Allah swt. “Niat karena lillahi ta’ala untuk membangun Cilegon,” ujarnya.

Sedangkan Iye saat dihubungi mengaku siap untuk menjalankan amanah bersama dengan pasangannya Awab. “Alhamdulilah, kami siap untuk melayani warga Cilegon,” katanya.

Diketahui, selama beberapa pekan terakhir persaingan perebutan pendamping Iye di Pilkada Kota Cilegon santer jadi sorotan. Pasalnya posisi itu diperebutkan oleh Ketua PDIP Kota Cilegon Reno Yanuar dan Ketua Partai Gerindra Kota Cilegon Awab. (bam/air)