Duh, Makam Fiktif Wali Allah Gegerkan Warga Sajira

0
2307

LEBAK – Masyarakat di Kampung Malegor, Desa Sukamarga, Kecamatan Sajira, resah dengan keberadaan makam fiktir wali Allah di pemakaman umum Kampung Malegor. Atas dasar itu, warga mendesak 12 makam fiktif tersebut dibongkar untuk mencegah rusaknya akidah masyarakat.

Kepala Desa Sukamarga, Kecamatan Sajira, Yusuf membenarkan, keberadaan makam fiktif di pemakaman Kampung Malegor. Jumlah makam yang telah selesai dibangun ada 12 buah, sedangkan 24 makam belum selesai dibangun. Makam tersebut sudah dikeramik dan memiliki panjang dua sampai tiga setengah meter.

“Masyarakat yang resah mengadukan masalah tersebut kepada kami. Karena itu, kami panggil Pak Anang yang membangun makam untuk musyawarah,” kata Yusuf kepada Radar Banten, Minggu (23/5).

Dari hasil musyawarah dengan Muspika dan MUI Sajira, Anang mengaku mendapatkan ilapat (wangsit) membangun makam para wali di Malegor. Makam yang dibangun tersebut nantinya akan dihuni ruh Sultan Maulana Hasanudin, Sayyidina Ali, Syeh Abdul Kodir Jaelani, Syarif Hidayatullah, Raden Kian Santang dan yang lainnya. Jadi masyarakat yang akan ziarah tidak perlu jauh-jauh ke Banten, Cirebon, dan daerah lain.

“Jadi ini sudah di luar nalar kita semua. Dia (Anang) mengklaim yang dapat mengetahui isi makam hanya orang-orang yang punya indera keenam saja,” terangnya.(Mastur)