Duh…Pengidap Gangguan Jiwa Kembali Dikira Penculik

DIJEMPUT : Almiati (berkerudung) dijemput tetangganya di Mapolsek Karawaci, tadi malam. FOTO: IWAN SETIAWAN/RADAR BANTEN

KARAWACI – Seorang wanita diamankan warga Cibodas Kecil, Kelurahan Cimone, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Selasa (21/3) pukul 17.00 WIB. Wanita itu Almiati dan dikira penculik anak. Warga termakan isu penculikan anak yang tengah marak di masyarakat.

Tudingan kepada Almiati tidak terbukti. Sesuai KTP-nya, wanita yang tinggal di Jalan Rawa Melati, RT 03 RW 01, Kelurahan Tegalalur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, itu ternyata mengidap gangguan jiwa.

Peristiwa itu terjadi karena kecurigaan warga setelah melihat perilaku Almiati. Wanita yang tinggal di Perumahan Malabar Karawaci itu disebutkan mondar-mandir di Cibodas Kecil. Almiati juga dikatakan mendekati dan mengajak seorang anak kecil dengan alasan untuk mencari alamat seseorang.

Alhasil, beberapa warga Cibodas Kecil mendekati wanita kelahiran Jakarta, 16 Maret 1966 tersebut. Warga menginterogasi Almiati. Entah, siapa yang menyebarkan isu bahwa Almiati seorang penculik anak. Warga Cibodas Kecil gempar.

Warga Cibodas Kecil bernama Andri mengaku datang ke lokasi penangkapan Almiati setelah melihat kerumunan warga. “Saya tanya, ada apa ini kok ramai-ramai. Mereka bilang, ada orang yang diduga mau menculik anak,” ujarnya.

Beruntung, Almiati tidak sampai menjadi korban amuk massa. Wanita yang mengalami gangguan jiwa itu diselamatkan oleh anggota Polsek Karawaci. Almiati kemudian diamankan di Mapolsek Karawaci.

Kapolsek Karawaci Komisaris Polisi (Kompol) Munir Yaji memastikan bahwa Almiati mengidap gangguan jiwa. Hasil penyelidikan polisi, wanita itu disebutkan kerap keluar-masuk rumah sakit jiwa di Padang, Sumatera Barat.

“Sudah kami serahkan ke keluarganya di Malabar. Dari pengakuan keluarganya, wanita itu memang sering keluar rumah, tapi enggak pernah jauh-jauh dari rumahnya. Baru kali ini (kemarin-red), dia jalan agak jauh. Padahal, Cibodas Kecil sama Malabar itu jaraknya dekat, tapi kok enggak ada warga Cibodas Kecil yang mengenal wanita itu,” pungkasnya.

Keterangan soal Almiati mengidap gangguan jiwa dibenarkan oleh Muharwin, tetangganya. Muharwin bahkan memastikan bahwa Almiati bukan hendak menculik anak. Wanita tersebut keluar rumah memang untuk mencari saudaranya.

“Dia memang mengalami gangguan jiwa, sudah sepuluh tahun, tapi bukan mau menculik,” tegasnya ketika menjemput Almiati di Mapolsek Karawaci. (Hendra S-Iwan S/Radar Banten)