Duh! Petugas Disdukcapil Diprotes Warga karena ‘Kebanyakan’ Istirahat

Warga tampak mengantre sejak pagi

SERANG – Ratusan warga dibuat menunggu berjam-jam hanya untuk mengambil Kartu Tanda Penduduk (KTP) oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Kabupaten Serang. Sebelumnya warga dari beberapa kecamatan di Kabupaten Serang ini bahkan harus bersabar hingga dua minggu.

Juri, warga Kecamatan Baros mengaku sudah menunggu sejak pukul sembilan pagi. Seharusnya hari ini, dirinya tinggal mengambil KTP yang telah dibuatnya selama satu minggu yang lalu. “Untuk foto dan yang lain sudah sejak minggu kemarin, harusnya kan sekarang tinggal ambil,” kata Juri, Senin (2/11/2015).

Juri menuding para petugas Disdukcapil lalai dan tidak tertib dalam menjalankan tugasnya untuk melayani masyarakat. “Seharusnya yang sudah dibuat minggu lalu sekarang kan sudah selesai. Masa masih harus tunggu berjam-jam. Saya bukan hanya sekali merasakan pelayanan buruk seperti ini,” ujar dia.

Warga lain dari Kecamatan Kopo sebut saja Asep, mengungkapkan hal yang sama dengan Juri. Menurut pengamatannya, petugas pengambilan KTP malah lebih banyak meninggalkan meja kerja dengan alasan istirahat dan makan. “Tinggal ambil saja lama. Apalagi buat dari awal,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pengelola Informasi Adminstrasi Kependudukan, Endah berkilah lambatnya pelayanan karena sistem yang sering ngadat atau error. “Kita kerjakan menyesuaikan dengan sistem,” ujar Endah saat disambangi radarbanten.com di ruang kerjanya. (Bayu)