Duh.. Pria ini 10 Tahun Dipasung karena Gangguan Jiwa

0
171
Kondisi Bahrudin (50) saat ditemui rombongan Dinas Kesehatan Kota Serang

SERANG – Diduga mengalami gangguan jiwa, Bahrudin (50) Warga Kampung Trondol RT 01/RW 01 Kelurahan Trondol, Kecamatan Serang terpaksa dipasung 10 selama tahun. Ini dikarenakan Bahrudin dianggap membahayakan orang lain dan dirinya sendiri.

“Sudah 20 tahun gangguan jiwanya. Terpaksa anak saya dipasung karena suka merusak rumah tetangga. Dulu pernah melempar kaca sekolah. Sudah 10 tahun dipasung,” kata Ibu Bahrudin, Hudriah kepada wartawan, saat ditemui di sela-sela kunjungan Dinas Kesehatan Kota Serang, Rabu (25/11/2015).

Sebelum mengalami gangguan jiwa, lanjut Hudriah, anaknya narik becak. Diketahui anaknya mengalami gangguan jiwa pada saat meminta bayaran, anaknya malah diancam sama penumpang sehingga sampai sekarang kondisinya terganggu. “Selama ini belum dibawa ke dokter, paling diobati kami ke dukun dan tabib, tapi sampai sekarang belum ada perubahan,” katanya.

Dokter jiwa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Serang dr Drajat, Tri Aniswati yang ikut dalam rombongan Dinkes Kota Serang mengatakan, gangguan jiwa tersebut bisa terjadi disebabkan banyak masalah, seperti perekonomian, keturunan, masalah PHK, hingga putus cinta.

“Sebenarnya gangguan jiwa masih bisa diobati terutama jika tertangani sejak awal, karena memang biasanya tingkat pengetahuan masyarakat yang kurang, bukannya ke medis malah ke paranormal, dukun, tabib. Ke depan harus diberikan obat dengan rutin serta dukungan keluarga, paling tidak agar tidak membebani keluarga,” katanya. (Fauzan Dardiri)