Dul (tengah), El Rumi (kanan), Al Ghazali (kiri) saat peluncuran single terbaru Dul Taklukan Dunia.

JAKARTA – Abdul Qodir Jaelani alias Dul (18) akhirnya mengikuti jejak orangtuanya di bidang musik. Putra bungsu Dhani dan Maia Estianty itu merilis single berjudul ‘Taklukkan Dunia’ pada Kamis (30/8) malam. ‘Taklukkan Dunia’ merupakan single ketiga Dul.

‘Taklukkan Dunia’ merupakan single bergenre EDM. Sebuah genre yang relatif baru bagi Dul. Di dua single sebelumnya, penggemar Coldplay itu mengusung genre rock alternative dan grunge. “Bahkan, saya ini awalnya nyinyir loh sama genre EDM yang katanya kekinian,” ujar Dul saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

Meski mengaku asing dengan genre EDM, Dul ingin menguji musikalitasnya. Bagi dia, seorang musisi akan lebih teruji jika bisa menciptakan lagu di luar zona nyamannya. Dul pun ingin membuktikan bahwa dirinya bisa mengeksplorasi bakat musiknya. Untuk itu, dia memilih genre EDM sebagai proyek terbarunya.

Single ‘Taklukkan Dunia’ dibuat Dul berdasar pengalaman pribadinya. Suatu ketika dia jatuh cinta kepada seorang perempuan. Namun, mereka berselisih paham. Sang perempuan dan Dul punya impian berbeda. Kedekatan mereka pun berakhir. Lagu itu bercerita bahwa momen patah hati bisa jadi motivasi untuk meraih mimpi.

‘Taklukkan Dunia’ merupakan single perdana Dul yang dirilis bersama label 401 Records. Dua single Dul sebelumnya dirilis secara indi. Dengan bergabungnya Dul di label baru, dia ingin lepas dari bayang-bayang orangtuanya. Mereka musisi. “Saya enggak ikut label ayah dan bunda karena mau belajar mandiri dan berproses,” tegas Dul.

Proses Dul bermusik pun tidak bisa dibilang mulus. Sejak tiga tahun lalu, dia menciptakan beberapa single dan menawarkan ke beberapa label. Sayangnya, banyak label yang menolak. Hingga akhirnya, tahun ini ada label yang mau memproduseri single Dul. Dia resmi dikontrak 401 Records selama setahun sejak lulus SMA, Juli lalu.

Karena sudah terjun ke dunia musik profesional, Dul harus lebih sungguh-sungguh. Dia ingin semakin mendalami karir sebagai pemusik. Apalagi, dia harus menelurkan dua single dalam setahun masa kontraknya. “Habis ini mau bikin single keempat sama 401 juga,” katanya.

Selain rutin mengeluarkan single, Dul punya target lain. Dia ingin merilis sebuah album sebelum berusia 20 tahun. Rupanya, hal itu terinspirasi sang ayah yang sudah punya album di usia 19 tahun. “Dulu ada Dewa 19, saya maunya Dul 18… hahaha,” candanya.

Karir bermusik Dul didukung dua kakaknya, Al dan El. Maklum, pada 2009, ketiganya sempat ngeband bersama sebagai The Lucky Laki. Setelah prosesi peluncuran single, Dul ngejam bareng Al dan El. Mereka membawakan lagu Larut dari Dewa 19.

Orangtua Dul hadir dan mendukungnya malam itu. Maia  senang karena ada yang menjadi penerusnya saat dia pensiun dari dunia musik. Dhani merasakan hal yang sama karena musikalitas sang anak semakin berkembang. Namun, hanya Maia yang berfoto bareng tiga putranya. Dhani malam itu terlambat datang karena terjebak macet. (jpg/air/dwi)