Dulu Gersang, Kini RT 02 Sukajaya Hijau dan Berwarna

0
1.155 views

KASEMEN – Warga RT 02 RW 12, Lingkungan Sukajaya, Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, cukup berhasil mengubah kampungnya. Perkampungan di pesisir pantai Kota Serang ini mulai hijau. Berwarna oleh bunga-bunga.

“Lingkungan kami memang fokusnya di penghijauan. Karena kalau tidak ada tanaman hijau, lingkungan kami terlihat tandus. Lokasi yang dekat dengan pesisir membuat panas,” ungkap Ketua RT 02 Astani pada Selasa (28/7).

Saat ini, pekarangan rumah-rumah warga RT 02 telah ditanami tanaman hijau. Beberapa jenis tanaman bunga dan tanaman hias lainnya juga mewarnai pekarangan rumah warga.

Penghijauan dan penananam bunga ini, menurut Astani, dilakukan warganya menggunakan uang pribadi. Warga RT 02, diakuinya, sangat antusias mengikuti Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Penghijauan di RT 02, lanjut Astani, masih berlangsung. Saat ini, warga sedang menyemai pohon mahoni untuk ditanam di pinggir jalan.

“Supaya lingkungan kami jadi lebih adem. Kalau bunga, sudah hampir di setiap rumah ada,” jelasnya.

“Untuk penilaian tahap kedua nanti (Agustus 2020-re), penghijauan dengan bunga akan kami tambah. Pengecatan juga akan dilakukan lagi supaya warnanya jadi fresh. Bunga yang dipilih juga yang warna-warni,” tambah Astani.

Ketua Pemuda RT 02 Khaerul menyampaikan bahwa pengecatan akan dilanjutkan. Pasalnya, di beberapa titik RT-nya masih ada pagar yang belum dicat.

“Setelah pengecatan selesai, kami tinggal melakukan penataan bunga dan pohon mahoni di jalan utama,” ujar Khaerul.

“Rencananya, setelah Idul Adha, kami akan lanjutkan penataannya, karena sebentar lagi penilaian tahap kedua dimulai. Kami berupaya agar penataan selesai sebelum penilaian,” pungkas Khaerul. (rio/don)