Dulu Kumuh, RT 013 Kadongkelan Kini Bersih dan Banyak Bunga

0
956 views

CURUG – RT 013 RW 03, Lingkungan Kadongkelan, Kelurahan Kemanisan, Kecamatan Curug, telah berubah menjadi bersih dan berwarna dengan bunga-bunga. Padahal, dulu kumuh. Warga telah merasakan manfaat dari Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Ketika Radar Banten mengunjungi RT 013, Selasa (21/7), ibu-ibu dan anak-anak tampak sedang menyiram tanamannya di depan rumah mereka. Telah banyak warga RT ini yang menanam bunga dan tanaman hias lainnya. Di kampung ini, juga tak terlihat ada sampah plastik berserakan.

Ketua RT 013 Samsudin mengatakan bahwa pot-pot tanaman yang digunakan untuk menanam bunga, tanaman hias, dan jenis sayur seperti cabai, jahe, tomat, dan terong itu dibeli oleh ibu-ibu dengan uang pribadinya. Mereka melakukannya setelah mendapatkan bibit tanaman yang disediakan oleh pengurus RT bersama pemuda setempat.

“Karena minim anggaran, jadi kami swadaya. Saling bantu dan saling gotong royong,” kata Samsudin.

Kegiatan gotong royong warga dilakukan setiap hari Jumat pagi. Warga membersihkan sampah di setiap pekarangan rumah.

Warga melakukannya sejak sebelum penilaian tahap pertama LRLA dimulai pada 4-15 Mei lalu. Sehingga,

menurut Samsudin, lingkungannya mendapat tanggapan bagus soal kebersihan dari tim juri. “Kami juga disarankan agar terus perbanyak tanaman bunga,” katanya.

Samsudin mengakui, keikutsertaan RT 013 di LRLA membuat warganya menjadi lebih tertib dan sadar akan kebersihan lingkungan. Sadar dalam membuang sampah.

Ia pun menargetkan, saat tim juri datang untuk melakukan penilaian tahap dua, Agustus nanti, RT 013 sudah punya tempat pembuangan sampah. “Dengan partisipasi banyak warga mulai dari ibu-ibu, bapak-bapak dan pemuda, saya yakin, RT 013 pasti bisa juara,” harapnya.

Suranah, warga RT 013, tidak memungkiri jika kampungnya telah berbuah setelah ikut LRLA. RT ini menjadi lebih bersih. Keamanannya pun semakin terjamin. Saat malam, bapak-bapak dan pemuda selalu ramai di pos ronda untuk ronda malam.

“Kerasa banget manfaatnya, kampung jadi bersih,” tandas Suranah. (mg06/don)