Dwikewarganegaraan, Pelajar Calon Paskibraka Asal Jabar Dicoret

JAKARTA – Salah satu calon Paskibraka 2016 dicoret dari daftar, yaitu Gloria Natapradja Hamel (17), calon Paskibraka perwakilan Jawa Barat. Hal ini, karena dia berkewarganegaraan Perancis. Pernyataan tersebut disampaikan Menpora Imam Nahrawi usai mengikuti pengukuhan Paskibraka di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/8) lalu.

“Kemenkumham sudah mengeluarkan surat bahwa memang Gloria ini dinyatakan sebagai WNA. Sudah barang tentu keluarga ortunya akan segera mengurus kewarganegaraan Gloria,” ujar Imam.

Imam mengaku saat proses seleksi dilakukan di tingkat kabupaten sehingga pihaknya tidak sempat memantau. Setelah ditelusuri, Kemenpora kemudian melakukan verifikasi di Kemenkumham. Imam mengatakan, Kemenpora tetap mendampingi Gloria agar tegar menghadapi keputusan tersebut.

“Terus kami dampingi dan Gloria sangat tegar dia mengatakan bahwa ini kesempatan baik bagi kami untuk minta kepada orang tua untuk mengurus kewarganegaraan,” tegas Imam.

Terpisah, dicoretnya nama Gloria Natapradja Hamel dari daftar anggota Paskibraka 2016 disesalkan para siswa yang bernaung di bawah Yayasan Dian Didaktika. Gloria adalah siswi di SMA Islam Dian Didaktika yang dikenal pintar, santun, teladan, dan berbudi pekerti baik.

Tak hanya siswa di SMA, siswa SMP dan SD serta guru-guru pun ikut prihati‎n dengan nasib Gloria.

Sebagai rasa simpati terhadap Gloria, seluruh siswa SD, SMP, dan SMA Islam Dian Didaktika berkumpul memberikan dukungan moriil. “Kami berharap Gloria tetap bersemangat dan tetap cinta Indonesia kalaupun Gloria dicoret karena punya paspor Perancis. Kami kenal Gloria, anaknya sangat nasionalis,” kata Dwi, salah satu guru SD Islam Dian Didaktika, Selasa (16/8). (jpnn/RBOnline)