Eki Penuhi Panggilan Bawaslu

0
397 views
Calon wakil bupati Serang Eki Baihaki menyampaikan klarifikasi kepada Bawaslu Kabupaten Serang di Sentra Gakumdu Kabupaten Serang, Jalan Palima-CInangka, Kecamatan Pabuaran, Rabu (21/10).

SERANG – Calon Wakil Bupati Eki Baihaki memenuhi panggilan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Serang untuk mengklarifikasi tuduhan pelanggaran kampanye kepadanya di Sentra Gakumdu, Jalan Palima-Cinangka, Kecamatan Pabuaran, Rabu (21/10). Eki pun membantah tuduhan sudah melibatkan anak-anak pada salah satu agenda kampanyenya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Kabupaten Serang yang diduga melanggar.

Mendatangi Bawaslu, Eki tiba didampingi tim kuasa hukumnya. Sebelumnya, seorang warga didampingi Tim Kuasa Hukum Pasangan Nomor Urut 1 Ratu Tatu Chasanah dan Pandji Tirtayasa (Tatu-Pandji) melaporkan Eki Baihaki kepada Bawaslu, karena diduga melibatkan anak-anak pada salah satu agenda kampanyenya.

Eki mengaku, pihaknya tidak pernah menghadirkan anak-anak pada kegiatan kampanye. Menurut Eki, keberadaan anak-anak datang dengan sendirinya. “Di situ kan banyak ibu-ibu, namanya ibu-ibu kan pasti punya anak,” ujarnya.

Bahkan, pengakuan Eki, pihaknya sudah mengimbau seluruh warga yang hadir pada acara kampanyenya untuk tidak menghadirkan anak-anak selama kegiatan kampanye. “Semuanya sudah kami sampaikan sebagai bentuk klarifikasi,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Serang Yadi mengatakan, pihaknya masih memproses laporan dugaan pelanggaran kampanye yang ditujukan kepada Eki. “Kita punya waktu tiga hari plus dua (dua hari waktu tambahan-red) untuk menyelesaikan laporan,” katanya.

Kata Yadi, keputusan laporan akan melakukan beberapa pertimbangan. Di antaranya, Bawaslu akan melihat apakah ada unsur kesengajaan atau tidak. “Nanti ada unsur aktif atau pasif. Ini yang menjadi salah satu pertimbangan kita,” jelasnya. (jek/zai)