Eks Gedung Dewan Jadi Rebutan OPD

0
134

SERANG – Eks gedung DPRD Kota Serang di Jalan Mayor Syafei menjadi rebutan organisasi perangkat daerah (OPD) lain di Pemkot Serang. Setidaknya ada dua OPD yang sudah mengusulkan penggunaan gedung yang dulunya dikenal sebagai gedung Kawunganten itu.

Plh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang Wasis Dewanto mengungkapkan, pihaknya sudah mengajukan penggunaan bangunan eks gedung Dewan itu ke Sekretariat Daerah (Setda) Kota Serang. “Kami mengajukan karena gedung yang kami tempati sekarang (di Jalan Ki Ajurum, Cipocokjaya-red) merupakan aset Pemprov Banten,” ujar Wasis, Rabu (13/9).

Apalagi, tambah Wasis, gedung itu kurang memadai. Akibatnya, Dindikbud harus menyewa gedung lagi yang jaraknya berdekatan dengan kantor Dindikbud untuk Bidang Kebudayaan dan Pengawas.

Sementara, kata dia, untuk pembangunan gedung baru membutuhkan waktu lagi. “Kami sudah sampaikan suratnya,” ujar Wasis.

Ia menilai, bangunan eks gedung Dewan representatif bagi OPD. Hanya tinggal direhab sedikit maka menjadi semakin bagus.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Serang Mamat Hambali tak mau kalah untuk menempati eks gedung Dewan tersebut. Malah ia mengklaim sudah mengantongi izin dari Sekretaris Daerah Kota Serang Tb Urip Henus.

“Kami akan mulai pindah secepatnya,” ujar Hambali.

Kata dia, setelah kantor DPMPTSP yang berada di kantor bersama Pemkot Serang ambruk, beberapa waktu lalu, kantor baru di Taman K3 Ciceri tidak memadai. “Makanya, kami minta gedung Dewan itu untuk kantor kami setelah Dewan pindah ke gedung baru,” tuturnya.

Diketahui, sejak pekan lalu Sekretariat DPRD Kota Serang sudah mulai menempati gedung baru di Jalan Syekh Nawawi Albantani, Kelurahan Banjaragung, Kecamatan Cipocokjaya. Gedung baru senilai Rp45,7 miliar itu dibangun atas usulan Dewan lantaran gedung Dewan yang lama dinilai tidak representatif.

Hambali mengatakan, untuk sementara baru sekretariat dan bidang-bidang DPMPTSP yang akan menempati eks gedung Dewan. Sementara, pelayanan masih dilakukan di Taman K3 lantaran pihaknya harus merehab eks gedung Dewan terlebih dahulu. “Ruang paripurna akan kami rehab jadi ruang pelayanan. Nah, sambil menunggu direhab, pelayanan tetap di Taman K3,” terang Hambali.

Sementara itu, Tb Urip Henus mengaku sudah menandatangani ajuan dari DPMPTSP. “Ya, sudah saya tanda tangani. Tapi, nanti bagaimana kebijakan Pak Walikota,” ujarnya.

Berdasarkan data lelang di LPSE Kota Serang, lelang rehabilitasi gedung Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Serang senilai Rp1,8 miliar sudah dimenangkan. Gedung itu akan dibangun di Taman K3.

Sekretaris Diskominfo Kota Serang W Hari Pamungkas mengatakan, gedung yang dibangun adalah Madani Command Center. “Sedangkan kantor Diskominfo belum,” ujarnya. (Rostinah/RBG)