Eks Karyawan Minimarket Otaki Perampokan di Tangerang

Kapolres Tangsel AKBP Ferdy Irawan (tengah) menunjukkan barang bukti hasil perampokan Indomaret di Mapolres Tangsel, Kamis (15/8). Foto Wahyu Syaifullah/Radar Banten

SERPONG – Edo Suhaedi (22), diringkus petugas Satreskrim Polres Tangsel, Sabtu (10/8) malam. Warga Bogor itu dituduh mendalangi perampokan minimarket di Jalan Raya Cisauk Legok, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang. 

Peristiwa perampokan terjadi pada Sabtu (10/8) sekira pukul 06.00 WIB. Edo bersama Romdon Mardiana (24) mendatangi lokasi menutupi kepalanya dengan helm. Karyawan yang sedang merapikan barang-barang langsung ditodong menggunakan golok dan pistol.

“Mereka (pelaku-red) datang dengan mengenakan helm sambil menodongkan golok dan pistol mainan ke pegawai,” kata Kapolres Tangsel Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ferdy Irawan di Mapolres Tangsel, Kamis (15/8).

Usai memperdayai karyawan, Edo dan Romdon menjarah 25 bungkus rokok berbagai merek. Edo yang pernah bekerja di minimarket itu juga memaksa pegawai menyerahkan uang dari dalam brankas. “Salah satu pelaku yang mantan pegawai Indomaret tersebut meminta uang yang disimpan di brankas senilai Rp50 juta,” kata Ferdy.

Usai menguras isi minimarket keduanya langsung kabur. Polisi yang menerima laporan segera menyelidiki peristiwa perampokan tersebut. Berbekal keterangan saksi dan petunjuk, polisi mencurigai Edo. Kurang dari 18 jam, Edo diringkus di kontrakannya di daerah Bogor, Jawa Barat. Disusul Romdon di kediamanannya di Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang. “Ketahuannya, dari keterangan pegawai yang mengenali suara pelaku (Edo-red),” jelas Ferdy.

Selain kedua pelaku, sisa uang hasil kejahatan sebesar Rp20 juta, dua senjata tajam, dan satu unit motor diamankan polisi. Keduanya disangka melanggar Pasal 365 ayat 1 dan 2 KUH Pidana. Keduanya terancam 12 tahun penjara.

“Uang hasil perampokan sudah digunakan untuk biaya sehari-hari dan membayar utang,” kata Ferdy.

Sementara Dedi, perwakilan minimarket mengakui, Edo Suhaedi pernah bekerja sebagai karyawan selama satu tahun. “Kerja selama satu tahun di Indomaret yang dirampoknya. Jadi, memang sudah paham seluk beluk situasi toko,” katanya. (you/nda/ira)