Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi (kiri) memberikan pelakat kepada Asisten Deputi Bidang Hubungan Kelembagaan dan Kemasyarakatan Setneg RiI Hadi Nugorho di Pendopo Setda Lebak, Kamis (9/8).

RANGKASBITUNG – Wakil Bupati (Wabup) Lebak Ade Sumardi didampingi para kepala organisasi pemerintah daerah (OPD) menerima kunjungan Asisten Deputi Bidang Hubungan Kelembagaan dan Kemasyarakatan Setneg RI Hadi Nugorho di pendopo Pemkab Lebak, Kamis (9/8). Kedatangan Hadi ke Lebak terkait aduan masyarakat kepada Presiden Joko Widodo tentang permohonan bantuan untuk mendapatkan kartu Indonesia pintar (KIP), permohonan bantuan dana untuk modal usaha, permohonan pembangunan infrastruktur jalan desa, jembatan, saluran air, dan permohonan bantuan rumah layak huni.

Wabup Ade Sumardi mengatakan, aduan yang disampaikan masyarakat langsung kepada Presiden RI Joko Widodo sudah ditindaklanjuti dan telah investigasi langsung oleh dinas terkait sebagai bentuk cepat tanggapnya Pemkab Lebak terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat saat ini. “Ya, kami telah menelusuri langsung ke lapangan dan telah mengambil langkah-langkah konkret dalam menyelesaikan pengaduan masyarakat, baik aduan yang melalui kami atau yang langsung kepada Bapak Presiden,” kata Ade.

Dia mengatakan bahwa pengaduan dari masyarakat merupakan bentuk teguran bagi Pemkab Lebak yang memiliki banyak keterbatasan dalam pengawasan terhadap masyarakat, khususnya kondisi langsung di lapangan sehingga peran serta masyarakat yang salah satunya berupa secara tidak langsung membantu Pemkab Lebak untuk senantiasa lebih memperhatikan kondisi masyarakat di lapangan. “Tentunya ini merupakan bagian dari proses dalam mewujudkan program utama kita yaitu Lebak sehat, pintar, dan sejahtera,” katanya.

Sementara itu, Hadi Nugorho mengatakan, kedatangannya sebagai bentuk perhatian presiden terhadap masyarakat. Presiden sangat memperhatian permasalahan-permasalahan yang dialami rakyat Indonesia dan memerintahkan jajarannya agar segera menindaklanjuti segala aduan yang masuk kepada Presiden tanpa pandang bulu.

“Kita mendiskusikan beberapa poin aduan yang masuk kepada Presiden dengan Pemkab Lebak selaku pemerintah yang tahu betul kondisi di lapangannya, segera kami laporkan hasil diskusi, investigasi, dan penyelesaian yang telah dilakukan Pemkab Lebak dalam poin-poin aduan tersebut kepada Pak Presiden,” katanya. (nce/zis/dwi)