Empat dari Enam RW Mulai Dibenahi

0
277 views

BAROS – Empat dari enam RW di Desa Tamansari, Kecamatan Baros, mulai ditata oleh warganya. Keempat RW ini memperlihatkan kesiapannya untuk bersaing di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020.

“Enam RW yang meliputi 12 RT di Desa Tamansari siap berpartisipasi di Lomba Kampung Bersih dan Aman. Penataan sudah dilakukan oleh warga di empat RW. Sudah sebulan terakhir mereka bergotong royong. Jadi, sekarang sudah terlihat hasilnya sedikit, seperti pagar sudah terpasang. Beberapa kampung, bahkan pagarnya sudah mulai di cat,” kata Kepala Desa Tamansari Babay.

Keempat RW itu adalah RW 03 di Kampung Lenggor dan Kampung Sikupa, RW 04 di Kampung Citaman dan Kampung Hulucai, RW 05 di Kampung Siboboko dan Kampung Cisoih, serta RW 06 di Kampung Cilayung dan Kampung Sukadiri.

Pemagaran di delapan kampung itu, menurut Babay, memperlihatkan antusiasme warganya menata kampung dengan bergotong royong. “Alhamdulillah, warganya semangat dan kompak. Mereka gotong royong siang dan malam, tetapi lebih banyak kegiatan di malam hari. Beberapa kampung yang sudah selesai pemagaran ada yang mulai membuat pos ronda. Ada juga yang mulai melakukan penghijauan,” papar Babay.

“Selain pemagaran, lingkungan kampung tersebut juga akan dihijaukan dengan tanaman obat dan sayuran. Saya mendorongnya menanam jenis itu supaya bermanfaat juga ke warga. Untuk pos ronda juga sudah punya semua, tetapi penataannya ada yang masih belum selesai. Saya ingin masyarakat sadar bahwa kebersihan itu penting. Kalau lingkungan bersih juga kan masyarakatnya sehat,” imbau Babay.

Ketua RT 10 RW 06, Kampung Cilayung, Suhedi menjelaskan bahwa penataan kampungnya dilakukan siang-malam hari agar hasilnya segera terlihat. “Supaya cepat beres. Pemagaran dan gapura sudah selesai, sekarang kami lagi fokus ke pembuatan pos ronda yang baru. Warga kerjanya gantian, siang dan malam,” ungkapnya. (rio/don)