Empat Hal ini Bisa Merusak Daya Tahan Tubuh

DAYA tahan tubuh yang prima merupakan dasar utama agar Anda terhindar dari penyakit. Apalagi bagi Anda yang bekerja sepanjang hari, sangat penting untuk memiliki tubuh yang sehat. Namun tanpa disadari, ternyata banyak sekali kebiasaan sehari-hari yang justru bisa menurunkan kekebalan tubuh. Apa sajakah?

1. Kurang Waktu Tidur.

Kualitas tidur yang baik tidak hanya soal durasi saja. Melainkan apakah Anda terbangun atau tidak saat tidur, dan merasa segar saat bangun tidur atau tidak. Berdasarkan penelitian, orang yang kualitas tidurnya baik memiliki parameter nilai kekebalan tubuh yang lebih tinggi.

Hal ini berbanding terbalik dengan orang yang kualitas tidurnya buruk, terutama durasi tidur yang kurang. Mereka memiliki parameter kekebalan tubuh yang lebih rendah, serta lebih rentan terhadap penyakit seperti flu, gangguan mood, dan masalah konsentrasi.

2. Duduk Terlalu Lama.

Mungkin Anda sedikit bingung, apa hubungan antara duduk terlalu lama dan daya tahan tubuh? Kurangnya aktivitas fisik sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Jika Anda duduk lebih lama, berarti Anda lebih sedikit bergerak apalagi berolahraga.

Berdasarkan penelitian dari British Journal of Sports Medicine, infeksi saluran pernapasan atas berlangsung lebih lama 42 persen pada orang yang hanya berolahraga seminggu sekali, dibandingkan dengan orang yang berolahraga hingga lima kali dalam seminggu.

3. Stres.

Stres pikiran—baik akibat mengejar deadline, urusan percintaan, atau yang lainnya—sudah terbukti bisa membuat seseorang mudah sakit. Hal ini karena stres memicu respons di tubuh yang dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Ketika Anda stres, produksi hormon kortisol akan meningkat banyak, sehingga sel-sel kekebalan tubuh, seperti sel T dan B, menjadi rusak. Alhasil, tubuh Anda menjadi rentan terhadap penyakit-penyakit.

4. Minum Alkohol.

Akhir pekan memang selalu dinanti-nanti. Tak jarang, menghabiskan waktu bersama dengan teman-teman sambil menikmati bir dingin menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Namun, tetaplah berjaga-jaga. Minum alkohol terlalu berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama (kronik) bisa mengurangi fungsi sel darah putih. Untuk diketahui, sel darah putih merupakan senjata utama bagi kekebalan tubuh manusia.

Selain dengan mengubah empat kebiasaan tersebut, Anda juga harus lebih memperhatikan pola makan agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Konsumsilah makanan yang kaya vitamin C setiap hari, yang bisa Anda peroleh dari sebagian besar buah-buahan dan sayuran.

Mengapa vitamin C sangat penting? Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin ini juga dapat mencegah kanker, mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit, serta menjaga kesehatan jantung.

Asupan vitamin C tak hanya dapat diperoleh dari makanan. Namun juga melalui suplementasi makanan.

Dengan daya tahan tubuh yang baik, Anda bisa menjadi lebih aktif dan semangat dalam menjalankan aktivitas. (RS/RH/klikdokter)