Empat Kader Berebut Kursi Ketua PAN Banten

0
1.024 views

SERANG – Empat nama bakal bersaing memperebutkan posisi Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Banten.

Empat calon itu bakal bertarung meraih dukungan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dalam perhelatan Musyawarah Wilayah (Muswil) yang akan digelar akhir Juli 2020.

Informasi yang dihimpun Radar Banten, empat kader PAN itu adalah Masrori, Syafrudin, Dede Rohana Putra, dan Hadi Mawardi. Masrori yang berstatus petahana akan bersaing sengit dari tiga calon lainnya.

Sebut saja, Syafrudin yang menjabat Walikota Serang sekaligus Ketua Majelis Penasehat Partai Daerah (MPPD) PAN Kota Serang.

Kemudian, Bendahara DPW PAN Banten Dede Rohana Putra yang kini tengah menjabat sebagai Ketua Fraksi PAN DPRD Banten dan terakhir, Ketua DPD PAN Kabupaten Pandeglang, Hadi Mawardi.

Langkah politik Masrori menggalang dukungan terbilang lebih cepat dibandingkan dengan kandidat lainnya. Jumat (3/7), sebanyak enam Ketua DPD yakni Kota Cilegon, Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan secara bersepakat mendorong kembali Masrori menahkodai PAN.

Sementara, Syafrudin baru membentuk tim sukses dan melakukan komunikasi politik dengan DPD dan DPP untuk pemenangan kursi Ketua PAN Banten. Begitu pun dengan Dede Rohana Putra, politikus Dapil Kota Cilegon itu masih wait and see melihat sejauhmana perkembangan politik dukungan DPD dan DPP. Begitu pun juga dengan Hadi Mawardi.

Ketua DPW PAN Provinsi Banten, Masrori menyatakan, kesiapannya maju kembali dalam perhelatan Muswil DPW PAN Banten. Ia berkeinginan ke depan mampu meningkatkan perolehan suara PAN di Pemilu 2024. “Secara prinsip saya Bismillah untuk sama-sama yang lain membesarkan PAN,” ujarnya kepada Radar Banten, Senin (6/7).

Kata Masrori, ada sekira enam DPD secara terbuka mendaulat dirinya kembali memimpin DPW PAN Provinsi Banten. Dukungan tersebut menjadi tantangan tersendiri menjawab tantangan membesarkan partai. “Terimakasih atas kepercayaan itu,” katanya.

Masrori mengapresiasi beberapa nama yang muncul maju dalam perhelatan Muswil DPW PAN Banten. Hal ini menunjukkan, jika PAN menegaskan tetap sebagai partai terbuka, dan demokratis. “Soal kelanjutannya tinggal menunggu Muswil,” terangnya.

Menurutnya, ke depan tugas PAN di Banten harus bekerja ekstra lantaran perolehan Pemilu 2019 di kabupaten/kota di Banten tidak merata. Menurutnya, siapa pun yang diberikan amanat memimpin PAN berkewajiban menjawabnya. “Tugas kita ke depan harus lebih ekstra, tentu kekurangan sebelumnya harus diperbaiki ke depan,” katanya.

“Mudah-mudahan banyak nama yang beredar tetap terjaga kesolidan dan semangat untuk membesarkan partai bersama-bersama,” sambung Masrori.

Dihubungi terpisah, MPPD DPD PAN Kota Serang Syafrudin mengaku, tidak dapat menolak dukungan dan dorongan pengurus dan kader PAN untuk maju memerebutkan kursi Ketua PAN Banten. “PAN ini partai yang membesarkan saya. Kalau diminta saya harus siap,” katanya.

Syafrudin mengaku baru sebatas menjalin komunikasi dengan pengurus dan kader PAN yang meminta dirinya maju. “Tinggal lihat nanti, bagaimana perkembangan. Kan ini belum ada penentuan kapan pelaksanaan Muswilnya,” katanya.

Sementara itu, Bendahara umum DPW PAN Banten Dede Rohana Putra mengapresiasi para kader yang mengusulkan namanya masuk dalam bursa ketua umum PAN Banten. “Saya apresiasi dan beri penghargaan pada kader kader yang memberikan dorongan pada saya, namun sampai hari ini saya belum putuskan maju atau tidak di Muswil nanti,” katanya.

Ketua Fraksi PAN DPRD Banten itu mengaku masih melihat peluangnya ke depan. “Kalau untuk kebaikan partai saya siap aja. Kalau didukung sama teman-teman dan diberikan kepercayaan sama DPR,” terangnya.

Sayangnya, Ketua DPD PAN Kabupaten Pandeglang, Hadi Mawardi saat dihubungi melalui saluran telepon tidak menjawab. Begitu pun saat dimintai komentar soal namanya yang masuk bursa calon melalui Whatsapp messenger tidak ada jawaban. (fdr/nda)