Empat Kiat Mudah Saat Hadapi Stres

KELUAR dari zona nyaman, terkadang bisa menyebabkan stres. Apalagi jika Anda tipe orang yang agak sulit menyesuaikan diri di lingkungan baru. Alhasil, tantangan yang tidak terlalu sulit pun berubah menjadi beban yang menekan pikiran dan perasaan.

Namun sebenarnya, kalau Anda perhatikan lagi, mungkin tantangan yang Anda jadikan beban itu tidak sesulit yang Anda kira, lho. Sebab, pikiran yang rumitlah yang membuat permasalahan terlihat lebih runyam.

Nah, agar Anda menjadi pribadi yang pro terhadap stres, ikutilah tips berikut ini.

1.Tak perlu panik menghadapi tekanan

Pada dasarnya, Anda tidak akan bisa mengontrol apa pun yang datang kepada Anda. Tetapi, Anda bisa memilih respons apa yang diberikan kepada permasalahan itu. Sebagai contoh, jika Anda langsung otomatis sebal saat diberi tugas berat atau diberi masukan, kondisi psikis Anda pun akan langsung jatuh.

Sebaliknya, jika Anda merespons segala permasalahan sebagai tantangan, maka kondisi psikis Anda berubah menjadi menjadi on fire dan hasilnya pun pasti akan baik. Bersikaplah senetral mungkin saat mendapat tekanan berat. Sebab, jika Anda bersikap biasa saja (tidak cemas berlebihan), pikiran yang objektif justru akan mempercepat proses penyelesaian masalah.

2.Pahami sudut pandang lain orang lain

Sering kali Anda menilai buruk tindakan seseorang tanpa berpikir panjang. Padahal, jika Anda berpikiran terbuka dan mau mengerti sudut pandang mereka, dijamin Anda tidak akan sampai sebenci dan se-stres itu.

Misalnya saja, atasan memberikan tugas penting kepada Anda, padahal Anda belum mengetahui betul seluk beluk tugas atau permasalahan yang diberikan.

Nah, jika Anda sama sekali tidak mempertimbangkan sudut pandang atasan, pasti Anda langsung menilai bahwa atasan sedang “mengerjai” Anda, bukan?

Di sisi lain, bisa saja maksud dari penugasan tersebut karena dia sangat percaya bahwa Anda bisa menyelesaikan tugas penting dengan baik. Maka, daripada langsung stres dan membenci pekerjaan yang diberikan, pahami dulu sudut pandang dari orang lain.

3.Berdamailah dengan keadaan

Stres terjadi karena Anda tidak bisa menolerasi kondisi yang terjadi di luar perkiraan Anda. Nah, jika Anda ingin menjadi pribadi yang tahan stres, belajarlah untuk menoleransi kesalahan dan perbedaan selagi itu tidak fatal dan merugikan banyak orang.

Selain itu, berhentilah untuk mengubah sesuatu yang tidak bisa Anda ubah, misalnya watak seseorang. Jika Anda bersinggungan seseorang, jangan berusaha untuk mengubahnya, tetapi ubahlah respons Anda terhadap orang itu. Maka, berdamailah dengan keadaan dengan cara bersikap sabar saat berhadapan dengan orang tersebut.

4.Manjakan dan rawat diri Anda

Ini merupakan bentuk penghargaan kepada diri Anda yang telah berhasil mengontrol emosi dan reaksi terhadap situasi yang tidak menyenangkan. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan belajar meditasi untuk mempertahankan ketenangan jiwa, pergi ke pusat perawat diri untuk pijat, lulur, creambath, hingga berolahraga di pusat kebugaran.

Olahraga adalah satu cara ampuh untuk merawat diri agar terhindar dari stres. Sebab, olahraga bisa meningkatkan hormon endorfin yang dapat memberikan perasaan bahagia.

Dengan menerapkan empat tips di atas, dijamin Anda akan menjadi pribadi yang tahan banting dan kebal terhadap stres. Jika Anda berhasil, sebarkan sikap positif Anda kepada orang-orang di sekitar agar mereka lebih bisa merespons tekanan dengan bijaksana.(RVS/klikdokter)