Empat Kiat Sehat Saat Begadang

BISA jadi banyak di antara Anda yang terpaksa mengorbankan waktu tidur malam untuk begadang karena tuntutan pekerjaan.

Beberapa pekerjaan seperti dokter, perawat, mekanis, satpam, hingga penjaga gedung pun mengharuskan waktu berjaga di malam hari.

Terpotongnya waktu istirahat di malam hari bisa menimbulkan rasa lemas, letih, dan kurang fokus untuk melakukan aktivitas lain. Disebutkan pula bahwa pada orang-orang yang sering begadang pada akhirnya tidak memiliki kualitas tidur yang baik.

Pada kelompok orang yang sering begadang ini bahkan bisa muncul gangguan tidur kronis. Pada gilirannya, kurang tidur dan kebiasaan begadang bisa memengaruhi perasaan, pekerjaan, hingga kebugaran jantung dengan meningkatnya risiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, serta gangguan irama denyut jantung.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda tetap sehat walau sedang begadang:

1. Pastikan Jadwal Anda.

Usahakan agar jam jaga malam yang mengharuskan Anda untuk begadang adalah pada waktu yang sama, dalam jangka waktu yang cukup lama, dan tetap konsisten. Misalnya dengan mengusahakan shift jaga malam pada jam yang kurang lebih sama dalam sebulan.

Hal ini untuk menghindari terjadinya perubahan waktu tidur, bekerja, dan makan dalam waktu yang cepat atau terlalu fluktuatif. Hal ini bisa menyebabkan tubuh Anda menjadi lebih lelah dan bisa meningkatkan risiko gangguan tidur kronis.

2. Tidur Saat ‘Bisa’.

Pada umumnya, seseorang membutuhkan tidur sebanyak 7–8 jam setiap harinya. Apabila di malam hari Anda begadang, pastikan di pagi dan siang harinya Anda bisa tidur.

3. Hindari Minuman Berenergi.

Mengkonsumsi minuman berenergi dalam jumlah besar ketika Anda begadang justru akan membuat Anda semakin lelah keesokan harinya. Lebih baik konsumsi air putih yang cukup saat Anda begadang. Selain itu, pilihan untuk minum teh 1–2 cangkir atau secangkir kopi masih berada pada batas toleransi ketika Anda begadang.

4. Jagalah Makan Anda.

Begadang bisa mengganggu jadwal dan pola makan Anda. Hal tersebut bisa membuat Anda merasa semakin lapar saat begadang, sehingga bisa berdampak pada penambahan berat badan.

Untuk menghindari hal tersebut, ingatlah untuk mengonsumsi makan malam pada jam normal sebelum Anda begadang. Selebihnya, konsumsilah camilan sehat seperti sayuran dan buah setiap 2–3 jam agar tetap fokus dan berenergi ketika begadang.

Cara ini dimaksudkan untuk menghindari Anda mengkonsumsi makanan berat yang tinggi kalori ketika begadang.

Harus begadang malam ini? Tak masalah! Kini Anda tahu kiat untuk tetap sehat dan bugar meski harus begadang. (RH/klikdokter)

BAGIKAN