Empat KPN di Banten Teken Pakta Integritas

0
1.816 views

SERANG- Sebanyak empat Ketua Pengadilan Negeri (KPN) di wilayah Pengadilan Tinggi (PT) Banten menandatangani pakta integritas. Penandatanganan berlangsung di ruang sidang utama PT Banten, Rabu (6/1/2021).

Selain empat KPN, penandatanganan pakta integritas itu diikuti oleh seluruh Hakim Tinggi, dan pegawai di lingkungan PT Banten.

Ketua PT Banten Respatun Wisnu Wardoyo mengatakan, pakta integritas itu pakta integritas berisi pernyataan atau janji untuk melaksanakan seluruh tugas, peran dan fungsi, serta wewenang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme,” jelas Respatun melalui rilis yang diterima Radar Banten.

Respatun berharap agar para hakim dan segenap pegawai di bawah PT Banten turut serta mencegah korupsi, kolusi dan nepotisme. “Serta tidak melakukan perbuatan tercela,” ucapnya.

Sementara KPN Pandeglang Ardhi Wijayanto menyambut baik pakta integritas tersebut. Melalui pakta integritas itu, seluruh insan di lembaga yudikatif ini diingatkan kembali untuk bersikap jujur, transparan dan akuntabel dalam melaksanakan tugas. “Menghindari pertentangan kepentingan dalam pelaksanaan tugas,” kata Ardhi didampingi juru bicara PN Pandeglang Andry Eswin.

Kata Ardhi, penandatanganan pakta integritas oleh para KPN itu agar unsur pimpinan dapat memberikan contoh dalam melaksanakan tugasnya. “Apabila ada hakim ataupun pegawai yang melanggarnya, maka akan menerima sangsi hukum,” katanya. (merwanda)