Empat Lifter PPLP Banten Sukses Pecahkan Rekor

PPLP Banten
Lifter PPLP Banten Rizki Juniansyah mengikuti tes angkatan di Sasana Bulldog Gym, RSS Pemda, Sabtu (30/1/2016). (Foto: Andre AP)

SERANG – Empat lifter pelajar Banten yang tergabung di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Banten sukses memecahkan rekor pribadi pada tes angkatan yang dilangsungkan di Sasana Bulldog Gym, RSS Pemda, Sabtu (30/1/2016). Empat lifter pelajar Banten yang tergabung di PPLP, yakni Rizki Juniansyah (kelas 44 kilogram), Abdul Aziz (kelas 57 kilogram), Muhammad Nandi (kelas 64 kilogram), dan Alif Wildan Hanaf (kelas 91 kilogram), seperti dilansir Harian Radar Banten.

Pada tes angkatan yang dilangsungklan pada November 2015, Rizki Juniansyah mampu meraih total angkatan seberat 118 kilogram dengan rincian angkatan snatch 51 kilogram dan angkatan clean and jerk 67 kilogram. Capaian ini mampu dilampaui Rizki pada tes angkatan yang dilangsungkan Sabtu (30/1/2016) dengan total angkatan seberat 128 kilogram atau meningkat 10 kilogram dengan rincian, angkatan snatch 55 kilogram dan angkatan clean and jerk 73 kilogram. Peningkatan juga ditoreh oleh Abdul Aziz seberat 12 kilogram. Pada tes angkatan sebelumnya, Aziz mampu meraih total angkatan seberat 199 kilogram dengan rincian angkatan snatch 87 kilogram dan angkatan clean and jerk 112 kilogram. Sedangkan total angkatan teranyar Aziz adalah 211 kilogram, dengan rincian angkatan snatch 91 kilogram dan angkatan clean and jerk 120 kilogram.

Rekor terbaru juga mampu dipecahkan lifter Muhammad Nandi dengan peningkatan angkatan seberat 15 kilogram. Pada tes angkatan sebelumnya, Nandi mampu meraih total angkatan seberat 190 kilogram dengan rincian angkatan snatch 80 kilogram dan angkatan clean and jerk 110 kilogram. Sedangkan total angkatan terbaru Nandi adalah 205 kilogram, dengan rincian angkatan snatch 87 kilogram dan angkatan clean and jerk 118 kilogram. Tak mau kalah, rekor baru juga dibukukan lifter Alif Wildan Hanaf dengan rekor terbaru seberat 190 kilogram. Pada tes angkatan sebelumnya, lifter yang akrab disapa Wildan mampu meraih total angkatan seberat 180 kilogram dengan rincian angkatan snatch 80 kilogram dan angkatan clean and jerk 100 kilogram. Sedangkan total angkatan teranyar Wildan adalah 185 kilogram, dengan rincian angkatan snatch 80 kilogram dan angkatan clean and jerk 105 kilogram.

Asisten Pelatih Angkat Besi Pelajar Banten, Diding Mulyadi mengaku puas. Ia menilai progress angkatan anak asuhnya mengalami peningkatan yang signifikan. “Kalau melihat total angkatan anak-anak sudah jauh meningkat. Untuk ukuran pekan olahraga pelajar nasional (Popnas) semuanya sudah menggondol medali. Tapi kita tidak akan terlena dengan hasil saat ini,” kata Diding di Sasana Bulldog Gym, RSS Pemda, Sabtu (30/1/2016).

Sementara itu, Kasi Sarana dan Prasarana PPLP Banten Asep Suhara yang memonitoring langsung tes angkatan mengaku bangga. Ia optimistis prestasi lifter PPLP Banten akan lebih baik ke depan. “Barometer prestasi anak-anak tahun ini ada di kejuaraan nasional (Kejurnas) Antar PPLP. Kalau melihat capaian angkatan saat ini, saya yakin semua akan menggondol medali di kejurnas nanti. Tapi saya berharap anak-anak tidak terlena dan berpuas diri dengan apa yang telah diraih saat ini. Berlatih lebih giat lagi karena persaingan ke depan akan semakin ketat,” ucapnya. (RB/dre/air/ags)