Empat Medali Diboyong Gantole Banten

Gantole Banten Duduki Ranking Pertama Nasional

SERANG – Atlet gantole Banten memboyong empat medali pada Kejuraan Nasional (Kejurnas) Gantole dan Gantole Kasau Cup 2019. Prestasi tersebut menempatkan cabang olahraga gantole Banten pada ranking pertama secara nasional.

Pada kejurnas yang digelar di Pantai Parangtritis, Jogjakarta itu tiga medali disumbangkan atlet gantole Banten. Rinciannya, satu emas dari nomor beregu kelas A, satu perak dari nomor perorangan kelas B, dan satu perunggu di nomor beregu kelas B. Sementara pada Kasau Cup, atlet Banten menyumbang satu medali perak nomor perorangan dari kelas A.

“Satu emas dari nomor beregu kelas A di persembahkan Tb Husni Mubarok dan Aji Enoh. Perak di perorangan kelas B dari Tb Husni Mubarok. Kemudian, perunggu di kelas B nomor beregu diraih Ening kurnia dan Agung Permana. Lalu, di Kasau Cup, perak perorangan kelas A dari Tb Husni Mubarok,” kata atlet gantole Banten, Aji Enoh, Senin (4/3).

Raihan medali itu mendorong posisi gantole secara nasional berada di urutan pertama. Disusul Jawa Barat pada posisi kedua dan Jawa Timur pada posisi ketiga.

“Secara keseluruhan dari event ini, gantole Banten ada di ranking pertama. Lumayan, karena ini baru pemanasan awal tahun. Masih banyak kejuaraan selanjutnya yang akan kami hadapi di tahun ini,” kata pelatih Pelatda Jangka Panjang (PLP) itu. 

Diakui Aji, tidak ada persiapan khusus bagi atlet menghadapi Kejurnas Gantole dan Kasau Cup 2019 itu. Namun, usaha atlet yang tergabung dalam Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Banten itu sangat memuaskan.

“Sebenarnya kita tidak ada persiapan khusus. Latihan kita hanya kegiatan rutin dari program latihan atlet PJP untuk menyambut Pra PON 2019. Penampilan kemarin juga untuk mengukur hasil pelatda Pra PON di tahun ini,” tutur Aji.     

Pada dua event tersebut, gantole Banten hanya menurunkan empat orang atlet PJP. “Kita hanya turun empat atlet, sesuai kuadron yang turun di PON Papua 2020 mendatang,” ucap Aji. (Riko B/RBG)