Empat Penyakit Ini Bisa Ganggu Waktu Tidur Anda

0
485 views
Ilustrasi. Foto dok Catholiclane

APA Anda susah tidur akhir-akhir ini? Jika mengalami kesulitan tidur ekstrem, masalah kesehatan patut Anda curigai.

Sebab, ada beberapa masalah kesehatan fisik dan mental yang cenderung berdampak pada kualitas tidur. Karena itu, sangat penting memastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup.

Ketika tubuh kekurangan waktu tidur, Anda berada pada risiko mengembangkan penyakit kronis, yang selanjutnya bisa mengakibatkan masalah kesehatan.

Berikut beberapa masalah kesehatan yang bisa mengganggu waktu tidur Anda, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Minggu (5/2).

1. Penyakit tiroid.

Tiroid yang terlalu aktif dan disebut juga hyperthryroidism ini bisa menyebabkan masalah tidur. Hal ini karena hipertiroidisme menyebabkan sistem saraf menjadi terlalu bersemangat.

Beberapa tanda dan gejala tiroid yang terlalu aktif adalah berkeringat di malam hari, tremor, detak jantung cepat dan kecemasan.

Melakukan tes darah merupakan salah satu cara untuk mengetahui apakah Anda mungkin menderita penyakit tiroid.

2. Depresi.

Mereka yang depresi cenderung mengalami gangguan tidur rumit. Ini bukan hanya karena depresi bisa berkontribusi pada masalah tidur, tetapi juga karena kesulitan tidur bisa berkontribusi untuk gejala depresi.

Setiap orang berbeda, tetapi gejala depresi bisa muncul sebelum masalah tidur timbul. Bagi orang lain, masalah tidur adalah gejala pertama depresi, menurut National Sleep Foundation.

Selain itu, orang dengan insomnia 10 kali lebih mungkin mengalami depresi.

3. Penyakit ginjal.

Ginjal yang rusak terpaksa mengurangi kemampuannya untuk menyaring limbah, cairan dari tubuh dan keseimbangan elektrolit.

Akibatnya, produk-produk limbah mulai terkumpul dalam darah, menyebabkan gejala insomnia dan sindrom kaki gelisah.

Beberapa faktor risiko untuk penyakit ginjal adalah tekanan darah tinggi dan diabetes. Tes urin dan tes darah bisa membantu mendiagnosa penyakit ginjal.

4. Penyakit parkinson.

Masalah tidur adalah gejala umum dari penyakit parkinson. Hal ini sering disebabkan getaran dan gerakan involunter yang disebabkan penyakit ini. Lebih parah, beberapa pasien mengalami mimpi buruk sebagai akibat dari obat yang digunakan untuk mengobati parkinson.

Beberapa tanda-tanda peringatan awal penyakit parkinson adalah tremor dan gemetar, perubahan mendadak dalam tulisan tangan, anosmia dan kesulitan bergerak atau berjalan.(fny/jpnn)