Empat RT di RW 07 Full Pemagaran

0
388 views

CINANGKA – Pagar bambu telah terpasang di pinggir jalan di empat RT di RW 07, Kampung Cihayam, Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka. Jika ditotal, panjang pagar mencapai 800 meter.

Sesuai letak geografisnya, udara di RT 01, RT 02, RT 03, dan RT 04 di RW 07 ini cukup sejuk. Masih hijau alami. Perkampungan ini berada di wilayah perbukitan.

Kebiasaan warganya menanam tanaman hias di pekarangan rumah, menambah keasrian Kampung Cihayam. Kebiasaan warga itu telah berlangsung turun-temurun. Modal bagi kampung ini di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020.

Kendati demikian, Novika Handayani, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Cikolelet Zona Kampung Cihayam, mengatakan bahwa bukan hal mudah menata lingkungan empat RT itu sekaligus di masa pandemi Covid-19. ”Tapi kita tak mau Covid jadi alasan. Penataan terus dilakukan. Buktinya, pagar sudah terpasang full di empat RT,” tegas wanita berkacamata yang akrab disapa Vika itu kepada Radar Banten, Kamis (1/10).

Dijelaskan Vika, pagar yang sudah terpasang dicat warna biru dan putih. Pagar yang sudah dicat baru di RT 01, RT 02, dan RT 03. Pagar di RT 04 telah terpasang, tapi belum dicat.

”Saya sudah instruksikan kepada ketua RT untuk terus aktif mengajak warga gotong royong,” katanya.

Setelah pemagaran plus pengecatannya rampung, Vika berencana menambah penghijauan dengan memperbanyak tanaman bunga dan tanaman obat keluarga. ”Kami sedang menyiapkan bibitnya. Nanti kita sebar ke empat RT ini,” jelasnya.

Menanggapi itu, Ketua RT 04 Anen Sunarya mengaku siap menyukseskan LKBA di kampungnya. Ia berencana membuat terowongan dari bambu yang dihiasi tanaman merambat.

”Sekarang sih masih proses pemagaran. Nanti saya jamin bakal bagus,” pungkas Anen. (mg06/don)