Empat RW Belum Siap, 375 Tong Sampah Disebar

0
270 views

CIKANDE – Empat RW di Desa Songgom Jaya, Kecamatan Cikande, belum disiapkan untuk menghadapi penilaian tahap dua Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020. Sementara, Pemerintah Desa Songgom Jaya telah membagikan 375 tong sampah di keempat RW di wilayahnya. RW 01, RW 02, RW 03, dan RW 04.

Pantauan Radar Banten, Senin (16/11) siang, kondisi lingkungan keempat RW tersebut belum ditata. Di sepanjang jalan, masih banyak sampah plastik berserakan. Rumput liar pun tumbuh hingga ke bahu jalan, warga belum membersihkannya.

Hal serupa juga terlihat dari pos ronda di empat RW di Desa Songgom Jaya. Belum ditata. Warganya juga belum melengkapi alat keamanannya. Yang ada baru jadwal ronda dan kentongan. 

Terkait kondisi ini, Kepala Desa Songgom Jaya Muhtadi mengaku akan segera menggerakkan warganya untuk menghadapi LKBA. Janjinya ini, katanya, akan dilakukan setelah pembagian 375 tong sampah kepada warga di empat RW selesai.

Dengan tong sampah itu, Muhtadi berharap, persoalan sampah di desanya bisa tertangani. “Makanya, kita aja dulu sama kebersihan lingkungan,” katanya.

Empat RW di desa ini, jelas Muhtadi, terdapat 20 RT. Setiap satu RW ada lima RT. Tong sampah dibagikan di setiap sudut kampung. Setiap dua minggu sekali, sampah diangkut oleh petugas dari desa.

“Upah untuk petugas dan operasionalnya dari iuran warga per hari Rp5 ribu,” jelasnya.

Dengan LKBA, Muhtadi mengaku juga bakal berusaha mengajak warganya untuk memiliki kebiasaan hidup sehat dan kesadaran untuk bergotong royong. “Intinya, kita tumbuhkan kesadaran peduli pada lingkungan,” ujarnya.

Ketua RW 01 Tamrin menambahkan, dengan bantuan ton sampah itu, ia berani menegur warganya jika membuang sampah sembarangan. Tamrin juga mengimbau warganya agar saling mengingatkan.

“Dulu mah pada ngeyel, jadi saya males negurnya. Nah, kalau sekarang kan ada LKBA, jadi warga pelan-pelan ngerti juga,” ucap Tamrin. (mg06/don)