Enak Dipandang, Target RW 06 Sidungkul

0
447 views

BAROS – Asri, enak dipandang mata. Itu menjadi garis besar konsep penataan lingkungan RW 06, Kampung Sidungkul, Desa Sukaindah, Kecamatan Baros. Warga mulai merealisasikannya.

“Penataan yang sudah dilakukan warga, antara lain, pemagaran dan penghijauan. Kami masih memiliki rencana yang cukup banyak untuk menata, seperti pembuatan taman bermain dan spot selfie,“ kata Ketua RT 07 RW 06 Sayuti.

Pemagaran, menurutnya, dilakukan warga secara gotong royong. Sejak sore hingga malam hari, warga bergantian membuat, memasang, dan mengecat pagar di pinggir jalan.

“Pembuatan gapura juga sudah dimulai disela pemagaran. Proses penataan masih jauh dari selesai, saya perkirakan baru 40 persen,” ujar Sayuti soal persiapan kampungnya menghadapi Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020.

Taman bermain menjadi rencana warga dengan memanfaatkan lahan kosong yang dijadikan tempat sampah liar di kampung ini.

“Kalau penghijauan, di rumah-rumah warga sudah ada. Yang belum itu yang di pinggir jalan, karena kami mau fokus untuk penataan fisik dulu seperti pemagaran, pengecatan, pembuatan gapura, dan merapihkan pos ronda,” jelas Sayuti.

Muhammad Masri, Wakil Ketua Pemuda Kampung Sidungkul, mengakui jika LKBA telah membuat pemuda menjadi tergerak dan lebih peduli terhadap kampungnya. “Kegiatan ini membuat para pemuda yang selama ini tidak terlalu aktif, jadi terpicu untuk membantu. Justru sekarang kami (pemuda-red) lebih banyak berperan, karena kalau orang tua, biasanya dari pagi sampai sore tidak semua bisa membantu penataan,” ujarnya.

Kepala Desa Sukaindah Juheri mengaku senang dengan kekompakan warganya. Dari enam RW di Sukaindah, tiga RW di antaranya telah mulai bersiap menghadapi lomba. “Kami dari desa merasa sangat terbantu,” ucapnya. (rio/don)