Enam Pejabat Pemprov Banten Akan Pensiun Tahun Ini

0
612 views

SERANG – Akan ada enam pejabat di Pemprov Banten yang akan pensiun tahun ini. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Ranta Soeharta saat mebuka acara Korpri di aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten, Kamis (12/1).

Menurut Ranta, beberapa pejabat akan pensiun pada bulan ketiga tahun ini, dan sejumlah lainnya menjelang akhir tahun.

Kepada awak media, Ranta menegaskan, kendati pejabat-pejabat tersebut akan memasuki masa pensiun beberapa bulan kedepan, pejabat tersebut tetap mendapatkan posisi sesuai dengan kompetensinya. “Tiga bulan pun tetap kita posisikan sesuai, jangan salah, tiga bulan sekarang ini lagi penting-pentingnya, ada penyusunan RUPS,” papar Ranta.

Dalam pengisian jabatan SOTK Pemerintahan yang baru, menurut Ranta Pemprov Banten mengacu pada kemampuan dan latar belakang keilmuan tersebut. Karenanya proses pengisian SOTK memakan waktu cukup lama dan melalui proses panjang. “Masa yang latar belakangnya hukum ngurusin jembatan, kita usahakan harus insinyur,” tegas Ranta.

Menyikapi akan pensiunnya sejumlah pejabat tersebut, tahun ini akan ada dua kali lelang jabatan atau open bidding. Lelang jabatan pertama rencananya akan dilakukan bulan depan, sedangkan lelang jabatan kedua akan dilakukan menjelang akhir tahun nanti.

Lelang jabatan yang akan dilakukan bulan depan untuk mengisi kekosongan jabatan tiga SKPD yang disebabkan oleh telah pensiunnya Kepala Inspektorat Banten Takro Jaka Rooseno dan adanya penambahan SKDP.

Kepala BKD Provinsi Banten Syamsir menjelasksn, saat ini Pemprov Banten sudah mengalami kekurangan tiga pejabat. Karena itu, seperti yang diungkapkan Sekda Ranta, Pemprov Banten akan segera membuka lelang terbuka jabatan untuk eselon tiga dilingkungan Pemprov Banten maupun di kabupaten kota.

“Bukan SKPD nya yang kosong tapi pejabatnya yang kurang, karena itu mungkin sementara akan diisi oleh Plt (pelaksana tugas),” katanya. (Bayu)