Enam RTH Disiapkan Warga RT 01 Singandaru

SERANG – Keseriusan warga RT 01 RW 022, Lingkungan Singandaru, Kelurahan/Kecamatan Serang, tidak main-main. Di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, mereka menyiapkan enam ruang terbuka hijau. Kegiatan pemanfaatan lahan tidur.

“Ada sekitar enam titik lahan tidur yang akan kami jadikan ruang terbuka hijau. Saat ini baru tiga yang sudah dibuat. Sisanya masih menunggu digarap. Satu yang sudah jadi adalah taman di tengah-tengah lingkungan kami. Di situ, selain taman juga ada posyandu, balai rembuk warga, kolam ikan, dan kebun. Ibaratnya alun-alun lingkungan kami,” jelas Tubagus Khaeroni, ketua pelaksana penataan lingkungan RT 01 pada Minggu (28/6).

Lahan tidur yang akan dimanfaatkan warga untuk RTH, ungkap Khaeroni, akan ditanami bunga, tanaman jenis sayur, dan dijadikan apotek hidup.

“Pokoknya, nanti tidak ada lahan tidur yang tidak dimanfaatkan oleh kami. Tanamannya terus kami kumpulkan. Setelah lahan tidurnya siap, kami pindahkan tanamannya. Untuk wadahnya, kami memanfaatkan barang bekas seperti botol plastik, pipa, galon air, ember, hingga ban bekas,” urainya.

Ketua RT 01 Nana Jayadi menambahkan, penataan lingkungan RT-nya sudah lama dilakukan. Cuma, terhenti karena wabah virus corona.

“Kami akan upayakan supaya hasilnya bisa maksimal di penilaian tahap kedua nanti,” ujar Nana.

Pengecatan jalan di RT 01 telah dilakukan. Penghijauannya di tiap rumah warga. Dua pos ronda di RT ini juga telah dibenahi. Papan untuk memajang foto-foto kegiatan gotong royong warga pun telah dibuat.

“Alhamdulillah, warganya semangat. Jadi, swadaya dan gotong royong warga jalan,” tutup Nana. (rio/don)