SERANG – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengunjungi warga yang pernah terdampak bencana puting beliung pertengahan November 2017 di Kampung Pabuaran, Desa Cikande, Kecamatan Cikande, Kamis (22/2).

Dalam kunjungannya, Bupati Serang ditemani Dandim 0602/Serang Letkol Czi Harry Praptomo, Wakapolres Serang Kompol Heri Sugeng, Kepala Dinas PUPR Hatib Nawawi, dan Camat Cikande Ajat Sudrajat.

Warga di kampung tersebut terdampak bencana puting beliung pada Kamis (16/11). Enam rumah porak poranda. Saat ini, sudah dibangun kembali oleh Pemkab Serang, bekerja sama dengan aparat TNI dari Kodim 0602/Serang.

“Alhamdulillah, enam rumah sudah diperbaiki dan sangat layak huni. Karena itu kita tinjau langsung untuk memastikan semua sudah berjalan normal,” kata Tatu kepada wartawan.

Tatu menyempatkan berbincang dengan setiap warga yang menghuni rumah barunya.

Hasil pantauan, terdapat korban puting beliung yang belum mendapatkan PKH dari pemerintah pusat. Sehingga, akan didata ulang untuk masuk ke program Gerbang Utama yang menjadi program Pemkab Serang sebagai replika dari PKH. “ Karena pada kenyataanya masyarakat masih ada yang belum tercover di PKH dan Jamsosratu. Sehingga, Pemda harus memunculkan Gerbang Utama,” imbuhnya.

Dandim 0602/Serang Letkol Czi Harry Praptomo turut peduli terhadap para warga yang terdampak bencana di kampung tersebut. Ia menegaskan, akan merekrut salah satu anak muda yang saat ini masih berusia SMP untuk bisa menjadi tentara. “Bagi anak yatim yang mau menjadi tentara dan memenuhi syarat, akan kami fasilitasi,” kata Harry.

Salah satu penerima bantuan, Aminah, mengaku senang atas kepedulian Pemkab Serang yang turun langsung menemui korban puting beliung. Bahkan, sebelumnya pada November 2017, Tatu sempat mengajak puluhan warga untuk makan bersama saat proses perbaikan rumah dilakukan. “Sebelumnya, rumah saya sudah rata dengan tanah dan khawatir akan tinggal dimana lagi. Alhamdulillah, dikasih bantuan sembako juga dan lainnya,” katanya. (Anton Sutompul/antonsutompul@gmail.com)