Enam Tahun Tak Diperbaiki, Jalan Jiput-Menes Mengkhawatirkan

Jalan rusak
Sejumlah pengendara motor berhati-hati melintasi Jalan Jiput-Menes yang kondisinya tergenang, kemarin. (Foto: Herman S)

JIPUT – Jalan Jiput-Menes sepanjang enam kilometer semakin mengkhawatirkan. Hal ini terjadi, karena hampir di setiap titik ruas jalan ini terdapat lubang. Di antaranya seperti yang terjadi di pertengahan jalan antara Pasar Menes dengan Kecamatan Menes.

Hampir setiap tahun warga mengusulkan perbaikan ruas jalan itu, tetapi tidak direspons pemerintah. Akibatnya, kondisi jalan semakin rusak. “Kami sungguh kewalahan kalau melewati Jalan Jiput-Menes, karena banyak lubang. Jika tidak hati-hati, bisa-bisa terperosok dan celaka,” kata Hendi, warga Desa Menes, Kecamatan Menes, Senin (11/7).

Hendi berharap, Pemkab dapat secepatnya memperbaiki ruas jalan tersebut. Apabila status jalan milik Pemprov Banten maka secepatnya mengusulkan. “Kami berharap jalan ini secepatnya dapat diperbaiki. Karena kalau dibiarkan terus, kondisinya akan semakin parah. Sebab, sudah hampir enam tahun jalan ini rusak atau tidak diperbaiki,” ujarnya.

Dihubungi melalui telepon seluler, Camat Jiput Suntama mengaku, sudah menyampaikan usulan ke Pemkab Pandeglang agar Jalan Jiput-Menes diperbaiki. “Kalau usulan sering kita sampaikan ke Pemkab. Mungkin karena statusnya kewenangan Pemprov Banten, kita tidak tahu. Akan tetapi, Pemprov juga sepertinya memprioritaskan jalan utama terlebih dahulu. Sebab, Jalan Jiput-Menes hanya merupakan jalur alternatif,” katanya. (Herman S/Radar Banten)