EURO 2016: Laga Pembuka, Prancis Susah Payah Bungkam Rumania

Payet menjadi bintang utama Prancis dengan satu gol dan satu assist. (Foto: Twitter/@euro)
Payet menjadi bintang utama Prancis dengan satu gol dan satu assist. (Foto: Twitter/@euro)

PRANCIS – Tuan rumah Euro 2016, Prancis berhasil memenangi laga perdana melawan Rumania dengan dramatis.

Sempat kesulitan, Les Bleus akhirnya menang dengan skor tipis 2-1, Sabtu (11/6) di Stade de France.

Adalah gelandang serang Dimitri Payet yang menjadi pahlawan pada laga ini dengan satu gol dan satu assistnya.

1. Ulasan Babak Pertama

Seperti yang sudah diduga, Prancis bermain lebih agresif dan menguasai jalannya laga pada menit-menit pertama.

Memiliki pemain-pemain yang jauh berkualitas ketimbang Rumania, mereka memperlihatkan kombinasi serangan mematikan.

Peluang bersih pertama muncul pada menit ke-13. Adalah Antoine Griezmann yang nyaris membobol gawang Rumania. Sayang, tandukan sang pemain mengenai tiang gawang.

Masuk menit ke-20, Rumania mulai memperlihatkan serangan-serangan balik cepat. Tapi, kesigapan dua full-back Prancis, Patrice Evra dan Bacary Sagna membuat mereka belum mampu berbuat banyak.

Lini tengah Prancis terlihat sangat istimewa. Paul Pogba menjadi mesin kala timnya menyerang sementara N’Golo Kante berhasil memperlihatkan efektivitasnya dalam bertahan.

Khusus Kante, sang pemain sudah membuat 4 intercept dan 22 umpan ketika laga baru berjalan 30 menit.

Salah satu kelebihan Rumania adalah perangkap offside yang berjalan sangat baik sejauh babak pertama. Umpan terobosan Pogba ke tiga barisan depan Prancis selalu gagal karena hal ini.

Terlebih lagi, Olivier Giroud yang tajam pada beberapa laga persahabatan terakhir malah tak memperlihatkan perannya pada babak pertama. Sebuah indikasi kurang baik. Karena babak pertama akhirnya berakhir dengan skor kaca mata.

2. Ulasan Babak Kedua

Babak kedua baru dimulai dua menit, Rumania langsung membuat peluang emas melalui Bogdan Stancu. Membuat kontrol menawan, sang pemain malah gagal mengonversi karena sepakannya masih melebar.

Les Bleus mulai kembali menguasai pertandingan. Pada menit ke-56 Pogba nyaris membobol gawang Tatarusanu. Sayang tendangan kerasnya masih bisa ditepis sang kiper.

Tapi satu menit kemudian, Prancis akhirnya membuat gol. Adalah Dimitri Payet yang memberikan umpan silang akurat yang dimanfaatkan dengan sempurna melalui tandukan belakang kepala Giroud. Prancis akhirnya unggul 1-0.

Giroud menjadi pemain Premier League pertama yang membuat gol pembuka setelah Alan Shearer pada 1996.

Prancis sangat bersemangat setelah gol tersebut. Serangan-serangan mereka terlihat sangat tajam. Namun, kesalahan fatal dibuat Patrice Evra pada menit ke-64.

Sang pemain mengganjal salah satu pemain Rumania sehingga mereka mendapat hadiah penalti. Stancu berhasil mengeksekusi dengan sempurna dan skor menjadi imbang 1-1.

Gol ini membuat laga semakin panas. Rumania tak lagi bermain menunggu. Mereka memperlihatkan agresivitas dan memanfaatkan ketegangan Prancis.

Payet menjadi mesin berbahaya Prancis di babak kedua. Semua peluang yang diawali dari kakinya hampir selalu membuat bek-bek Rumania ketar-ketir.

Tampil kurang maksimal, Griezmann digantikan oleh Kingsley Coman. Pemain Bayern Muenchen ini pun jadi pemain termuda sepanjang sejarah Prancis di kompetisi Euro.

Ingin mengubah gaya penyerangan, pelatih Didier Deschamps memasukkan Anthony Martial. Uniknya yang digantikan adalah Pogba. Sang pemain terlihat tidak senang dengan pergantian ini, dan Prancis mengubah formasi menjadi 4-2-3-1.

Martial langsung memberikan dampak. Sang pemain membuat peluang pertamanya pada menit ke-80, sayang kerja sama satu dua dengan Giroud yang diakhiri tembakan jarak jauh masih bisa diselamatkan.

Pada 10 menit di akhir laga semakin panas. Kedua tim sama-sama berhasrat untuk memenangi laga. Prancis keluar menyerang dan Rumania mencoba memanfaatkan ruang kosong yang ditinggalkan mereka.

Usaha Prancis akhirnya berbuah hasil satu menit sebelum bubaran. Adalah Payet yang membuat gol indah lewat sepakan kaki kiri melengkung dari luar kotak penalti. Sang pemain dipastikan menjadi pahlawan tim dengan satu gol dan satu assist.

Rumania mencoba menggebrak di akhir-akhir laga, sayang mereka tak punya banyak waktu dan akhirnya Prancis pun menang tipis dengan skor 2-1.

3. Susunan Pemain

Prancis (4-3-3): Lloris; Evra, Koscielny, Rami, Sagna; Matuidi, Kante, Pogba (Martial 76′); Payet (Sissoko 90′), Giroud, Griezmann (Coman 66′)

Rumania (4-3-3): Tatarusanu; Rat, Grigore, Chirches, Sapunaru; Pintili, Hoban, Stanciu (Chipciu 71′); Stancu, Andone (Alibec 61′), Adrian (Torje 81′)

(rap/JPG)