Euro 2020: Swiss Pede Hadapi Spanyol

0
6719

Timnas Swiss berhasil membungkam Prancis pada laga 16 besar Euro 2020, (29/6) dini hari WIB. Berkat kemenangan tersebut, Swiss melenggang ke perempat final. Swiss akan bersua Spanyol.

Menjalani laga lawan Prancis di Arena Nationala, Bucharest, Swiss bermain di bawah tekanan. Mereka mencatatkan 47 persen penguasaan bola, berbanding 53 persen milik Prancis.

Meski kalah dominan, Timnas Swiss mampu unggul 1-0 pada paruh pertama. Bola hasil tembakan Haris Seferovic pada menit ke-15 melesat mulus masuk ke gawang Prancis yang dikawal Hugo Lloris.

Namun, masuk interval kedua, Swiss kewalahan meladeni permainan Les Blues. Mereka pun berbalik, tertinggal 1-3 setelah Karim Benzema (57′, 59′) serta Paul Pogba (75′) berhasil mencetak gol.

Kendati begitu, Timnas Swiss tak menyerah begitu saja. Mereka berhasil mencetak dua gol tambahan lewat aksi Haris Seferovic pada menit ke-81 dan Mario Gavranovic menit ke-90.

Sampai waktu normal berakhir, skor 3-3 tetap bertahan. Alhasil, pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan.

Namun, sampai extra time usai, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Penentuan pemenang harus dilakukan lewat adu penalti. Pada babak tos-tosan, Prancis takluk 4-5 dari Swiss. Satu-satunya algojo penalti Prancis yang gagal menjalankan tugasnya adalah Kylian Mbappe.

Kemenangan atas juara dunia Prancis itu membuat Swiss lolos ke perempat final Euro 2020. Rencananya, La Nati akan bersua Spanyol di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, Jumat (2/7) pukul 23.00 WIB.

“Luar biasa. Kami membuat sejarah dan kami semua sangat bangga,” ujar kapten Timnas Swiss, Granit Xhaka.

“Kami menulis sejarah sepak bola negara ini. Sekarang kami akan menghadapi Spanyol pada perempat final. Ini akan sulit tetapi kami memiliki mimpi sekarang,” tutur Xhaka.

INGAT PIALA DUNIA 2010

Swiss lolos ke fase ini usai secara heroik menyingkirkan juara dunia Prancis di babak 16 besar lewat adu penalti. Sementara, Spanyol mengeliminasi Kroasia. Spanyol menaklukkan runner up Piala Dunia itu dengan skor 5-3 lewat extra time.

Swiss dan Spanyol terakhir kali bertemu di major tournament adalah di Piala Dunia 2010. Mereka bertemu di penyisihan grup.

Di Afrika Selatan 2010, Spanyol berada satu grup dengan Swiss, yakni Grup H. Selain dua tim itu, dua tim lainnya adalah Chile dan Honduras.

Pada laga pertamanya di Grup H, Spanyol berhadapan dengan Swiss. Spanyol besutan Vicente del Bosque yang datang dengan status juara Euro 2008, dan merupakan salah satu favorit juara, secara mengejutkan takluk 0-1 dari Swiss.

Gol tunggal penentu kemenangan pasukan Ottmar Hitzfeld kala itu dicetak oleh Gelson Fernandes. Dia membobol gawang Iker Casillas di menit 52.

Setelah kalah dari Swiss di laga pertamanya, Spanyol bangkit dan memukul Honduras 2-0 di laga kedua. Sementara itu, Swiss ditekuk Chile 0-1.

Pada laga terakhir, Spanyol menjinakkan Chile 2-1. Sedangkan, Swiss bermain imbang 0-0 dengan Honduras.

Spanyol finis sebagai juara grup dengan perolehan 6 poin. Chile lolos sebagai runner up, juga dengan 6 poin. Swiss (4 poin) dan Honduras (1 poin) tereliminasi.

Spanyol kemudian mengalahkan Portugal 1-0 di babak 16 besar. Itu diikuti dengan kemenangan 1-0 atas Paraguay di perempat final.

Di semifinal, Spanyol mengalahkan Jerman. Skornya lagi-lagi 1-0.

Di final melawan Belanda, Spanyol juga menang 1-0. Spanyol meraih gelar juara Piala Dunia mereka yang pertama berkat gol extra time Andres Iniesta. (BC-BN/don/air)