Evaluasi Debat Putaran Pertama, KPU Harap Tim Pendukung Tak Lakukan Provokasi

0
1.031 views

SERANG – Berdasarkan evaluasi debat Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Banten putaran pertama yang berlangsung pada 28 Desember 2016 lalu, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten Syaeful Bahri berharap tim masing-masing pasangan calon tidak lagi bersikap provokatif saat debat berlangsung.

“Evaluasi dari saya pribadi, kita berharap masing-masing tim pendukung mampu menjaga diri untuk tidak memprovokasi atau menyerang calon yang sedang bicara,” ujar Syaeful kepada Radar Banten Online melalui sambungan telepon seluler, Jumat (6/1).

Syaeful menilai pada debat putaran pertama kemarin di studio Metro TV, Jakarta, para tim paslon yang datang bersikap tidak tertib saat debat berlangsung. “Ya pokoknya kemarin tidak tertib,” katanya.

Menurut Syaeful, rencananya seluruh komisoner KPU Provinsi Banten bersama tim pakar, Bawaslu dan tim pemenangan masing-masing calon akan melakukan evaluasi debat putaran pertama secara bersama dan membahas perihal debat putaran kedua pekan depan.

“Sudah kita agendakan, nanti tanggal 9 atau 10 (Januari), pokoknya selambat-lambatnya 15 hari sebelum pelaksanaan debat kedua tanggal 25 Januari,” katanya.

Selain mengenai ketertiban tim pemenangan masing-masing calon, pada evaluasi tersebut akan dibahas terkait alokasi waktu debat. “Kita ingin menambah waktu, karena kemarin rata-rata 1,5 menit kita tambahin 2,5 menit,” katanya.

Debat kedua yang akan berlangsung di studio TV One, menurut Syaeful, rencananya akan membahas tentang menyelesaikan pembangunan di Banten. (Bayu)