Fakultas Pertanian Untirta Pamerkan Hasil Inovasi Pangan Berbahan Talas Beneng

0
521
Dekan Faperta Untirta Prof Dr Ir Nurmayulis MP bersama dosen dan mahasiswa Faperta Untirta.

CILEGON –  Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menggelar ekspo hilirisasi produk “Pangan Fungsional Berbasiskan Talas Beneng” di Cilegon Center Mall (CCM), pada Sabtu-Minggu (21-22/11).

Selama dua hari, pengunjung CCM dapat mencicipi sekaligus mendapat informasi beragam produk pangan yang berbahan talas beneng. Ekspo ini juga diselenggarakan secara virtual yang dibuka secara resmi oleh Rektor Untirta Prof Dr Fatah Sulaiman pada Sabtu (21/11).

Dekan Faperta Untirta Prof Dr Ir Nurmayulis MP berharap agar program ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas, khususnya masyarakat Banten dalam mengeksploriasi potensi talas beneng.

Semua program studi di Fakultas Pertanian turut serta meramaikan ekspo ini. Jurusan Agroekoteknologi menampilkan tanaman talas beneng, pengunjung dapat melihat langsung bentuk tanaman dan umbi talas beneng, serta tepung talasnya. Salah satu produk yang dipamerkan oleh tim dari jurusan Agribisnis adalah Gutlas atau nugget talas yang enak dan sehat.

Tidak kalah unik, tim dari program studi Ilmu Perikanan menunjukkan produk dengan nama Balas (bakpao talas), Botofish (roti goreng), dan Kanabis (kakinaga).

Tentu saja varian produk yang paling beragam ditemukan di meja dari program studi Teknologi Pangan. Mulai dari minuman seperti yogurt talas dan es krim talas, cemilan seperti makaroni talas, roti talas, brownies talas, flakes talas, biskuit balita dari talas, hingga makanan yang mengenyangkan seperti Al Bantana Mie Pasta dari talas beneng.

Lengkap sudah Fakultas Pertanian Untirta memamerkan produknya mulai dari hulu hingga ke hilir, mulai dari bagaimana talas beneng dapat dibudidayakan hingga pemanfaatan talas beneng menjadi berbagai macam produk pangan olahan yang inovatif.

“Pameran ini memang bertujuan untuk menampilkan beragam produk hasil riset dan inovasi dari dosen serta mahasiswa Faperta Untirta, dengan harapan produk tadi dapat diketahui masyarakat dan bermanfaat juga untuk masyarakat,” ucap Dr Susiyanti selaku ketua program dikutip dari siaran pers.

Kegiatan ekspo ini mendapat respons positif dari masyarakat dan Ketua Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Banten Syaiful Bahri yang berkunjung ke booth pameran di CCM. “Sektor hulu ini harus diperbaiki dengan bantuan universitas untuk meningkatkan daya saing. Sekarang kan sudah masuk era global value chain,” kata Syaiful Bahri.

Dia berharap kegiatan ekspo ini akan dapat menjadi jembatan untuk komersialisasi hasil riset dan inovasi dari kampus ke industri serta masyarakat. (aas)