FAM Kenang Jasa Pahlawan dengan Unjuk Rasa

0
72

SERANG – Mengenang perjuangan pahlawan berperang melawan penjajah, Front Aksi Mahasiswa (FAM) UIN Banten dan FAM Untirta gelar unjuk rasa di depan Kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Pakupatan, Kota Serang, Kamis (9/11).

Sekjen FAM UIN Banten mengatakan, jangan melupakan sejarah. Pahlawan Indonesia sudah berjuang untuk memerdekakan Indonesia.

“Hari ini menyambut momentum hari pahlawan pada 10 November, yang berjuang sampai titik penghabisan,” kata Nahrul muhilmi saat orasi, Kamis (9/11).

Dijelaskan, masih banyak pahlawan dan veteran yang belum dirangkul oleh pemerintah. Padahal jasanya memerdekakan Indonesia berkorban sekuat tenaga.

Irfan Suherman, Kordinator Lapangan FAM Untirta mengatakan peringatan hari pahlawan ini, sebagai momentum mengingat kembali para pahlawan.

“Kita harus menangis, percikan tangis di setiap tetesnya hendak pula menjadi bara api semangat melawan penindasan,” kata dia, di depan Untirta, Kamis (9/11).

Penindasan manusia atas manusia, menurut Irfan masih begitu nampak di bumi pertiwi ini. Hidup tertindas atau mati melawan, adalah dua pilihan yang harus segera diputuskan.

“Dengan perlawanan yang membara, membuka mata selama kurun tiga abad lebih, bangsa kita tidak pernah menampilkan wajah kelemahannya di mata dunia,” ujarnya.

Perlawanan tersebut, serentak dilakukan di setiap daerah. Pada waktu itu, tambah Irfan, tidak sebatas Surabaya. Tempat lain pun ikut melakukan perlawanan. Di daerah Banten perlawanan itu terus digaungkan siang dan malam. Bom berjatuhan. Senjata dimana-mana. Semua menyatu dalam misi yanh sama, menutupi ketakutan yang memilukan dengan perlawanan.

Ia berharap pemerintah harus mengistimewakan veteran. Kesejahteraannya dijamin sampai akhir hayatnya. Selain itu, patut diangkat derajatnya agar menjadi sosok yang terus memberi semangat perjuangan.

“Yang telah gugur, kami bersimpuh dalam kepedihan dan berikrar bahwa di dalam tanah ada tetes darahmu yang harua dijaga dan dilindungi apapun alasannya,” tukasnya. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com).