SERANG – Memperingati Hari Sumpah Pemuda, SMPN 2 Kota Serang mengadakan lomba pentas busana. Menariknya, busana yang dikenakan terbuat dari bahan limbah plastik dan koran bekas.

Tiap-tiap kelas mengutus dua orang untuk memperagakan busana dari bahan limbah. Limbah tersebut dibuat gaun dan busana untuk fashion show.

Limbah yang dipakai adalah plastik bekas kopi, kemasan deterjen, mi instan, kepingan CD, dan koran bekas.

Wakasek Kesiswaan SMPN 2 Kota Serang Siti Mariam mengatakan, limbah plastik diubah menjadi gaun, karena limbah tersebut tidak bisa terurai. Dimanfaatkan dan dipentaskan sehingga memiliki nilai tambah.

“Supaya kreativitas anak terwadahi. Ini atas inisiatif kesiswaan beserta pengurus OSIS. 27 kelas ikut serta,” kata dia, di SMPN 2 Kota Serang, Sabtu (28/10).

Pembina OSIS SMPN 2 Kota Serang ini mengungkapkan, adanya kegiatan ini akan menumbuh kembangkan rasa solidaritas dan kepedulian cinta tanah air.

“Sifat itu hendaknya selalu tumbuh dan berkembang pada siswa itu sendiri,” paparnya.

Dikatakan, kreativitas siswa mengolah limbah menjadi sesuatu bermanfaat. Seperti bisa dibuat pakaian dan gaun. Tambah dia, apa yang siswa buat merupakan hasil kreatifitas masing-masing kelas. Semua ide dan gagasan menjadi karya berupa gaun adalah hasil inovasi murid-muridnya.

“Kami cukup prihatin dengan limbah. Bahan bekas dimanfaatkan, ternyata memilki kemampuan lebih dan lebih bernilai,” ujarnya. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com).