Pemain hoki indoor putra Banten Regian Perkasa (kiri) pada PON XIX Jawa Barat 2016.

SERANG – Jumlah cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan pada multievent Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten 2018 di Kabupaten Tangerang hingga saat ini masih dalam tahap pembahasan. Situasi itu dimanfaatkan Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Hoki Indonesia (FHI) Banten untuk melobi panitia agar nomor indoor dipertandingkan.

Bila mengacu pada pelaksanaan Porprov IV Banten 2014 di Kota Serang, cabor hoki hanya mempertandingkan nomor outdoor. Untuk Porprov V Banten 2018, Pengprov FHI Banten akan menerapkan regulasi atau aturan yang digunakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON). Pada PON lalu, wajib mempertandingkan dua nomor, yakni outdoor dan indoor.

Sekretaris Umum Pengprov FHI Banten Pepep Mochmmad Syafei mengatakan, Pengprov FHI Banten telah melakukan audiensi dengan panitia Porprov V Banten (KONI Kabupaten Tangerang) untuk bisa mempertandingkan nomor indoor. “Kemungkinan bisa terwujud (dipertandingkan-red). Kalau tuan rumah intinya siap mempertandingkannya, tinggal mencari solusi venue saja. Mudah-mudahan saja semuanya bisa berjalan dengan harapan kita,” kata Pepep kepada Radar Banten, Jumat (24/3) sore.

Pepep menambahkan, keinginan FHI Banten agar nomor indoor bisa dipertandingkan karena pada PON XIX Jawa Barat 2016 mampu meraih medali perunggu. “Tentu saja untuk mempertahankan medali tersebut butuh pembinaan yang ekstra. Bila tidak dipertandingkan pada Porprov V, bagaimana kita bisa melakukan pembinaan dengan maksimal. Pastinya atlet indoor tidak akan berlatih intensif karena tidak ada tujuan,” imbuhnya.

​Dengan dipertandingkannya nomor indoor, akan membantu perkembangan pembinaan hoki di Banten. “Kita butuh regenerasi atlet indoor agar di PON XX Papua bisa berprestasi lebih,” tandasnya.

Ketua Umum KONI Kota Serang Deni Arisandi mendukung dipertandingkannya nomor indoor di Porprov V Banten 2018. “Ini kan untuk pembinaan. Lagi pula, yang saya tahu ada kok atletnya di masing-masing kabupaten kota. Jadi, tidak ada salahnya dipertandingkan,” ucapnya.

Untuk target Kota Serang, pria yang juga menjabat sebagai Pengurus Pusat Persatuan Panahan Indonesia (PP Perpani) itu menyatakan, FHI Kota Serang mengusung target medali emas di nomor indoor dan outdoor. “Saat PON XIX kan ada empat atlet kami yang memperkuat tim hoki indoor Banten. Usianya juga masih relatif muda. Jadi, ya kami berani menargetkan medali emas. Tapi tentu saja pembinaan instensif mulai dari sekarang harus tetap dilakukan,” pungkasnya. (Andre AP)