Formi Banten Bumikan Olahraga Tradisional

Formi
Ilustrasi/ Inet

TANGERANG – Pelestarian olahraga tradisional yang menjadi warisan budaya luhur menjadi tanggung jawab semua elemen masyarakat. Terlebih, mereka yang memiliki kecintaan terhadap olahraga tradisional.

Saat ini, olahraga tradisional nyaris tak dikenal generasi muda. Mereka sudah ditenggelamkan dengan permainan atau olahraga yang modern.

Ketua Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) Provinsi Banten Ahmad Subadri mengatakan, meski terkesan main-main, olahraga tradisional memiliki peran penting karena memiliki sejumlah fungsi. Di antaranya adalah membuat tubuh sehat dan bugar serta menumbuhkan nilai budaya di tengah masyarakat. “Olahraga tradisional ini sekaligus olahraga rekreasi. Ini dapat membentuk karakter masyarakat. Oleh karena itu, Formi kota dan kabupaten Se-Banten harus menyosialisasikan kepada masyarakat dan pelajar agar kembali mengingat olahraga tradisional,” ungkap Badri saat melantik Formi Kabupaten Tangerang periode 2016-2021, di Pendopo Bupati, Jalan Kisamaun, Kota Tangerang, Rabu (9/3/2016) seperti dilansir Harian Radar Banten.

Ketua Dewan Pakar Formi Kabupaten Tangerang HM Komarudin menambahkan, olahraga tradisional harus eksis karena memiliki nilai filosofi. Dia mencontohkan, olahraga tradisional egrang yang mempunyai pesan luhur kepada masyarakat khususnya pemimpin. “Egrang mengajarkan agar ketika menjadi pemimpin, seseorang selalu melihat ke bawah atau ke arah rakyatnya. Dengan demikian, pemimpin mampu memimpin tanpa harus menginjak mereka yang di bawah,” ungkapnya.

Diketahui, Formi menaungi sejumlah olahraga tradisional. Di antaranya, egrang, dagongan, tarik tambang, dan hadang.

Ketua Formi Kabupaten Tangerang Dedi Sutardi meminta pengurus agar konsisten terhadap amanah yang sudah diberikan karena Formi memiliki banyak kegiatan pada 2016. “Tahun ini, kami memiliki agenda untuk menyosialisasikan olahraga tradisional ke pondok pesantren. Kami juga mempunyai rencana untuk melaksanakan kegiatan senam seminggu sekali,” ujar Dedi.

Wakil Ketua I Formi Kabupaten Tangerang Yahya Majid menambahkan pihaknya juga berencana mendorong digelarnya event olahraga ekstrem seperti skateboard dan e-game.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tangerang Syaifullah menyatakan, Pemkab Tangerang memberi dukungan penuh kepada Formi. Tahun 2016, Pemkab Tangerang memberikan dana hibah Rp800 juta. (RB/dai/air/dwi)