Formi Banten Gelar Pelatihan Olahraga Tradisional

0
1.697 views
peserta dan panitia pelatihan olahraga tradisional.

TANGERANG – Tak┬ákenal maka tak sayang. Istilah ini dipegang betul oleh Pengurus Formi (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) Banten. Untuk mempopulerkan olahraga tradisional (Ortrad) yang menjadi salah satu cabang olahraga rekreasi masyarakat, Sabtu (29/7) lalu, organisasi pimpinan H. Ahmad Subadri menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Guru Olahraga Tradisional Sekolah Menengah Atas (SMA).

Sekira 150 guru SMA ambil bagian pada acara yang digelar di Aula Yayasan Amal Rakyat Banten Bersatu (YA RABB) di Kampung Gowok, Kelurahan Sukajaya, Curug, Kota Serang. Kegiatan ini adalah yang kedua kalinya setelah sebelumnya di gelar untuk guru olahraga di pondok pesantren, medio Juli lalu.

Hadir sebagai nara sumber Ketua Formi Banten H. Ahmad Subadri, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banten Ai Dewi Suzana, Pakar olahraga tradisional Yahya Majid, Kasi Olahraga Tradisional Dispora Banten Yoyoh, dan Direktur Tangerang Ekspres Jasmara Bahar.

Pada sambutannya Badri, sapaan Ahmad Subadri, menyatakan pelatihan dan sertifikasi yang dilakukan selain untuk lebih memasyarakatkan ortrad dikalangan pelajar juga untuk mengembalikan kejayaan olahraga warisan leluhur bangsa.

“Olahraga tradisional banyak mengandung budaya luhur bangsa, dimana isinya tidak melulu menjaga kebugaran badan tapi juga menjalin rasa kebersamaan dan kekompakan warga,” ucap Badri.

“Lewat pelatihan dan sertifikasi di level guru SMA kami juga berharap saat dipraktekkan kepada siswa bisa menangkal efek negatif dunia maya dan medsos yang marak dikalangan pelajar,” pungkasnya.

Sedang Sekretaris Dispora Banten Ai Dewi Suzana mengapresiasi apa yang dilakukan Formi Banten dalam mengembangkan ortrad di Banten. Pelatihan dan sertifikasi adalah upaya pengembangan ortrad yang perlu didukung semua pihak.

“Hanya dengan pelatihan-pelatihan dan sosialisasi berkelanjutan ortrad bisa berkembang sampai tingkat bawah. Upaya ini perlu didukung karena memiliki banyak manfaat buat masyarakat Banten, bukan saja dalam hal olahraga dan kebugaran pelaku tapi derajat kesehatan masyarakat Banten juga bisa ditingkatkan lewat kegiatan olahraga tradisional,” kata Ai Dewi Suzana.

Sebagai sebagai mitra, Dispora dan Formi akan selalu berjalan beriringan dalam upaya mengembalikan kejayaan ortrad di Banten. “Kami akan mendukung kegiatan Formi karena tujuan kegiatannya adalah positif buat masyarakat Banten.” (Aris Maulansyah/RBG)