Franky Tjokrosaputro, Dari Pengusaha Terjun ke Politik

Franky Tjokrosaputro

Pengusaha dari Solo bernama Franky Tjokrosaputro, generasi ketiga dari pengusaha Batik Keris, berusaha ingin mengembangkan usaha dan berkontribusi untuk memajukan Banten.

Berbekal pendidikan dari universitas di Australia, fokus pada jurusan bisnis (S-1), dan pengalamannya selama 20 tahun di dunia usaha, mulai dari sektor agrobisnis (PT Bumi Teknokultura Unggul tbk) sampai dengan sektor properti (seperti RIMO Tbk), dan otomotif (PT Oto Trans Indo), Franky ingin membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya.

“Saya sangat optimistis, berbekal dari pengalaman selama ini bahwa bisnis yang digeluti adalah padat karya,” kata Franky Tjokrosaputro, Direktur PT Oto Trans Indo, Rabu (23/1/2019).

Hal itu juga merupakan kontribusi baginya untuk negara Indonesia yang selama ini merupakan tempat kelahiran dan sumber nafkah bagi keluarganya, lanjutnya.

Dari pengalaman grup besarnya mengembangkan sektor properti di Maja, Lebak (Citra Maja), dia pun siap untuk membantu usaha-usaha mikro yang butuh modal maupun kerja sama agar dapat berkembang, khususnya di daerah Pandeglang dan Lebak.

“Bagi yang butuh bantuan kerja sama, dapat menghubungi nomer telepon 081311393442. Hal ini berlaku untuk perorangan, kelompok, ataupun perusahaan,” ungkapnya.

Lahir dari keluarga yang sukses berbisnis batik, Franky menilai positif adanya warga Banten yang berkreasi membuat batik dengan motif dari nilai budaya lokal. “Dari segi prospek, batik masih sangat luas pangsanya. Jika batik, seperti lokal Banten ingin lebih berkembang, titik beratnya antara lain di bidang permodalan dan marketing. Tidak menutup kemungkinan bisa juga dengan saling kerja sama dan dukungan fasilitas Pemerintah Provinsi Banten juga,” kata Franky.

Ia menyatakan kesiapan dan kesungguhannya berbagi pengalaman dan berdiskusi tentang usaha batik dan usaha lainnya.

“Mengingat Banten banyak penduduknya, juga dekat dengan Kota Jakarta, banyak bidang usaha yang perlu ditingkatkan. Misal sektor pertanian dan peternakan, sampai usaha yang berbasis teknologi mengingat zaman sekarang banyaknya bisnis berbasis online. Yang penting niat dan kerja keras,” ungkapnya.

Bagi Franky Tjokrosaputro, menjadi caleg DPR RI daerah pemilihan Lebak dan Pandeglang merupakan balas jasanya kepada negara Indonesia tercinta. (aas)