Fahmi Hakim

SERANG – Empat klub peserta Liga 3 Banten gagal melaju ke babak empat besar, yaitu Persipan Pandeglang, Perssic Cilegon, Sams Soccer, dan Bantara SC. Mereka kalah bersaing dalam pertandingan yang telah berlalu dari sembilan klub yang menjadi peserta.

 Meski kandas menuju Liga 2, seperti Persipan Pandeglang dan Perssic Cilegon mengaku tak patah arang. Kedua klub tersebut menyatakan tujuan utamanya memang bukan pada kompetisi itu melainkan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten November mendatang.

Pelatih Persipan Pandeglang, Paul menjelaskan, pemain yang diturunkan merupakan warga Pandeglang yang diberikan pembinaan dengan targetnya mengikuti Porprov V Banten. Ia optimistis nasib baik akan menghampiri Pandeglang pada ajang multi event di Banten itu. “Pandeglang yang disiapkan untuk bermain di Porprov. Karena ada liga makanya pemain ini diturunkan. Untuk ajang pemanasan Porprov,” tuturnya.

Ia mengakui jika lawan-lawan yang dihadapi pada Liga 3 Banten telah lebih siap dari timnya. Ia berharap kekalahan pada kompetisi Liga 3 Banten akan menjadi cambuk bagi Persipan Pandeglang untuk lebih maju. “Kita sedang berproses, mudah-mudahan ke sananya Pandeglang maju,” katanya.

Asisten Pelatih Perssic Cilegon, Ismanto mengaku persiapan mengikuti Liga 3 Banten sangat singkat, hanya sepekan. Kata dia, target Perssic Cilegon ada pada Porprov V Banten. Pemain yang diturunkan merupakan warga lokal Cilegon. “Kita hanya ajang persiapan untuk Porprov Banten. Target kita sebenarnya di Porpov, di sini kita hanya sebatas uji coba saja,” katanya.

    Ia mengungkapkan, bahkan untuk Porprov pihaknya belum final menentukan pemain yang akan berangkat ke Kabupaten Tangerang, selaku tuan rumah pesta olahraga terbesar di Banten itu. Namun ia optimistis bahwa Perssic Cilegon akan keluar sebagai juara pada Porprov Banten mendatang. “Sekarang baru sekitar 50 persen yang buat Porprov, nanti setelah Liga 3 kita akan Fix kan,” ucapnya.

    Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) PSSI Banten, Fahmi Hakim tidak menyoalkan jika sebagian klub peserta kompetisi Liga 3 Banten targetnya berada di Porprov V Banten. “Sah-sah saja jika itu menjadi suatu tujuannya. Tapi kami melihat di antaranya seperti Persitangsel dan Banten Jaya bermain ngotot untuk mengejar menuju Liga 2,” katanya.

    Ia berharap seluruh klub yang ada di Banten mempunyai visi yang besar untuk lebih maju di kancah persepakbolaan. “Hasil pertandingan Liga 3 itu akan dibawa ke tingkat regional. Dan regional ini sudah berbicara tentang harkat dan takhtanya klub. Jadi kalau bisa masuk tentu bisa ke Liga 2, seharusnya bisa dijadikan ajang untuk menaikan tahta klub,” tuturnya. (rbs/ibm/ags)