Gandeng Pokdarwis, Karangjaya Hijau dan Berwarna

0
793 views

KASEMEN – Untuk menata lingkungan menjadi bersih, aman, dan berwarna, warga Lingkungan Karangjaya, RT 03 RW 04, Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, menggandeng Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kiamuk. Hasilnya, dua lokasi yang ditata di lingkungan ini menjadi hijau dan berwarna.

Lokasi pertama, di pinggir Jalan Raya Wisata Pancer. Tembok sepanjang 100 meter telah dicat warna-warni bak pelangi. Pos ronda di lokasi ini pun tak kalah menarik. Menjadi pos ronda pelangi.

Lokasi kedua, di permukiman warga, di pinggir Pelabuhan Karangantu. Di halaman setiap rumah, bakal menjadi area tanaman hidroponik dan dihiasi dengan pot bunga dari ban bekas. Di samping pos roda di lokasi kedua ini, juga akan dibuat ruang terbuka hijau (RTH).

“Kita dibantu Pokdarwis Kiamuk untuk penataannya,” tegas Ketua RT 03 RW 04 Armani kepada Radar Banten, Kamis (2/4).

Pokdarwis Kiamuk beranggotakan 30 orang. Dua pekan  sekali, mereka mengajak warga RT 03 RW 04 melaksanakan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan. Biasanya, warga memungut sampah, dari permukiman hingga ke jalan. “Sampahnya kita angkut dan buang ke tempat pembuangan sampah di belakang kampung, dekat sawah,” jelas Armani.

Anggota Pokdarwis Kiamuk yang laki-laki, bertugas mengecat tembok dengan bermacam warna cerah. Kegiatan ini sudah dimulai dua pekan lalu,

Pokdarwis Kiamuk pun, disebutkan Armani, aktif berkoordinasi soal penataan lingkungan RT 03 RW 04 dengan Pemerintah Kelurahan Banten dan warga. “Kita juga sudah membentuk kelompok pemuda sadar hukum dan kelompok sadar lingkungan. Sudah memiliki SK (surat keputusan-red) dari lurah,” ungkapnya.

Armani menargetkan, penataan di lingkungannya akan selesai pada pertengahan April 2020. Minggu (5/4), warga berencana membuat tanaman hidroponik dan RTH. “Meski lokasinya dekat pelabuhan, kami optimistis jadi juara,” tandasnya.

Lurah Banten Hizbullah menambahkan, LRLA Kota Serang 2020 mampu mengaktifkan lagi semangat gotong royong warganya. Ia berharap, Lingkungan Karangjaya bisa menjadi destinasi wisata. “Kalau sudah bersih, aman, dan indah, orang-orang juga pasti tertarik untuk datang. Apalagi kan kita juga punya wisata Pantai Gope,” pungkasnya. (mg06/don)