Gang Rendah Bakal Disulap Jadi Pujasera 

0
2354

SERANG – 2021 Pemkot Serang berencana menyulap Gang Rendah, Pasar Lama Kota Serang menjadi Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera). Sejak lama, di siang hari, Gang Rendah menjadi pusat penjualan barang bekas, seperti handphone dan barang elektronik lainnya. 

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disdaginkop-UMKM) Akhmad Zubaidillah mengatakan, penataan Gang Rendah rencananya akan di mulai April mendatang. “Awalnya Rp1,3 miliar. Namun, karena adanya Pandemi Covid-19 ini, anggaran itu terdampak refocusing sehingga hanya menyisakan Rp600 juta saja,” katanya kepada wartawan, Selasa (9/3).

Kata Zubaidillah, semula pembangunana akan diselesaikan penataannya pada tahun ini menjadi mundur sampai tahun depan. Karena anggaran yang tersisa itu tidak mencukupi untuk pembangunan secara keseluruhan. “Jadi anggarannya masuk ke multi year, tahun ini dan tahun depan. Anggaran tahun ini Rp600 juta sementara sisanya nanti akan dialokasikan tahun depan,” katanya. 

Zubaidillah mengaku akan menyerahkan seluruhnya kepada pihak ketiga selaku pelaksana kegiatan, mulai dari penataan, ruang tenda, panggung mini atau hiasan dekorasi lainnya. “Pokoknya nanti hal prioritas yang akan dikerjakan, kami serahkan kepada pihak ketiga,” katanya.

Zubaidillah menjelaskan, lokasi Gang Rendah ini setelah ditata dengan rapih, akan diperuntukkan bagi Pedagang Kaki Lima (PKL) berjualan di sekitar gang rendah yang tidak tertata dengan rapih. Seperti di Jalan Diponegoro dan Pasar Lama. “Semuanya akan kami pindahkan ke tempat yang baru ini, sehingga nantinya lebih terlihat rapih dan bersih,” katanya 

Mantan Kadindikbud Kota Serang itu mengatakan, operasional Pujasera ke depa dimulai sore sampai malam hari. Sementara untuk siang harinya tetap akan dijadikan tempat berjualan barang-barang pecah belah. “Untuk siang hari, nanti lebih tertata dengan rapih, tidak seperti sekarang ini yang berantakan,” terangnya. (Fauzan Dardiri)